Qualcomm telah resmi meluncurkan chipset Qualcomm terbaru, yakni Snapdragon 888. Termasuk ke dalam SoC (system-on-chip) tingkat atas, chipset ini akan mendukung daya pada sejumlah smartphone andalan pada tahun 2021.

Chipset baru ini diumumkan pada acara Qualcomm’s Snapdragon Summit 2020, yang menjadi acara tahunan di mana pembuat chip tersebut memperkenalkan teknologi terbaru untuk generasi berikutnya.

Chipset Snapdragon 888 tersebut, menampilkan Modem X60 5G terbaru dari Qualcomm, dan menawarkan konektivitas yang lebih baik serta memberikan lebih banyak dukungan untuk jaringan generasi berikutnya di seluruh dunia. Dukungan ini termasuk mmWave yang ditingkatkan. Tentu saja, diharapkan jika hampir semua smartphone andalan tahun depan sudah siap mengusung 5G. Melihat banyaknya ponsel baru yang keluar pada akhir tahun ini sudah berbondong-bondong mengadopsi jaringan 5G.

Baca Juga : CEO Xiaomi: Mi 11 akan Ditenagai Snapdragon 888

Qualcomm juga telah meningkatkan kemampuan AI pada Snapdragon 888, dengan chip yang mampu memproses lebih banyak operasi per detik dibandingkan pendahulunya. Diketahui pula jika chipset ini akan menghasilkan fitur yang lebih cerdas dan konsumsi daya yang lebih baik.

Untuk para gamers, tampaknya harus bersenang hati karena chip ini akan digenapi dengan penyertaan Snapdragon Elite Gaming di SoC, yang dapat memberikan frame rate hingga 144fps. Kabar baik juga akan menghampiri para fotografer seluler, karena chipset Snapdragon 888 memungkinkan handset menangkap foto dan video pada 2,7 gigapiksel per detik atau kira-kira 120 foto pada resolusi 12MP. Perhitungan itu 35% lebih cepat daripada chip 865.

Sejumlah pabrikan ponsel telah dikonfirmasi menggunakan chipset Snapdragon 888 di handset mendatang.

Perusahaan tersebut antara lain; Asus, BlackShark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, Realme, OnePlus, Oppo, Sharp, Vivo, Xiaomi, dan ZTE. Pihak Xiaomi sendiri sudah mengonfirmasi bahwa ponsel mereka berikutnya akan segera hadir dengan Snapdragon 888. Ponsel tersebut ditengarai adalah Xiaomi Mi 11 yang diprediksi bakal meluncur pada Januari 2021.

Sementara itu, baik Sony maupun Samsung tidak terlihat berada di dalam daftar tersebut. Namun, tidak berarti perusahaan-perusahaan itu tidak akan mendukung Snapdragon 888 pada ponsel andalan mereka di tahun 2021.

Sony bahkan hadir selama peluncuran itu sendiri, jadi dapat dikatakan jika ponsel kelas atas masa depan dari perusahaan itu juga akan didukung oleh Snapdragon 888.

Baca Juga : Menkeu Gelontorkan Dana Rp 31 Triliun untuk Vaksin Corona

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *