Foto: CrackBerry

Teknologi.id – Brand smartphone kenamaan, BlackBerry berhenti membuat smartphone dan kini beralih memproduksi mobil. Mobil yang diproduksi pun bukan mobil biasa, melainkan smartcar atau mobil pintar.

BlackBerry bekerja sama dengan Amazon telah mengumumkan produk mobil pintarnya beberapa hari yang lalu. Kedua perusahaan tersebut membentuk platform komputasi awan atau cloud computing, yang bisa menghubungkan mobil pintar mereka untuk layanan serta data berbasis insight dari kendaraan dan penggunanya.

Dilansir dari Barrons, Kepala Eksekutif BlackBerry, John Chen mengatakan BlackBerry dan Amazon Web Services (AWS) mempunyai visi yang sama dalam memberikan pandangan yang lebih baik kepada produsen dan pengembang mobil, sehingga mereka dapat menyediakan pelayanan yang baru untuk konsumen.

Baca Juga: Semua Mobil Maserati akan Gunakan Tenaga Listrik Penuh

Kepala Eksekutif AWS, Andy Jassy juga menambahkan bahwa kerja sama BlackBerry dengan AWS akan memungkinkan para produsen kendaraan untuk menemukan kembali pengalaman pelanggan, dan juga mengubah kendaraan dari beberapa teknologi menjadi sistem yang dapat beradaptasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Platform yang dibentuk oleh BlackBerry dan amazon ini bernama IVY. IVY akan memuat mobil tersinkron secara nirkabel ke komputasi milik AWS. Platform ini akan bisa digunakan oleh produsen mobil manapun untuk menganalisis data sensor secara real-time dan pengemudi akan mendapatkan informasi.

Tujuan dibuatnya IVY adalah untuk mengumpulkan seluruh data untuk diberikan kepada pengemudi. Di samping itu, IVY dibuat sebagai platform atau layanan tambahan dari developer.

Baca Juga: Unik, Samsung Siapkan Smartphone Layar Lipat Tiga & Gulung!

Sebagai contoh, jika kondisi jalan yang akan dilewati oleh pengemudi terdapat bebatuan, es, atau terjadi kemacetan, IVY akan segera memberi tahu pengemudi untuk mengambil langkah alternatif untuk memastikan pengemudi berkendara dengan aman.

Untuk kendaraan listrik, IVY akan memberikan informasi mengenai baterai pada jaringan pengisisan daya untuk mem-booking slot mengisi baterai di sepanjang perjalanan. Menariknya, IVY akan memberi informasi berkendara anak ke orang tua jika anak tersebut menggunakan mobil orang tuanya.

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *