Foto : Kompas

Kenapa Kesehatan Keuangan Karyawan Penting?

Seperti halnya kesehatan tubuh, kesehatan keuangan juga sangat penting. Jangan sampai timbul masalah keuangan karena kesehatan keuangan kurang baik. Hal ini bisa terjadi pada siapapun, termasuk para karyawan.

Bagi perusahaan, masalah keuangan karyawan bisa dibilang urusan pribadi masing-masing. Sifatnya sangat personal sehingga banyak pihak manajemen yang tidak ingin terlibat. Namun, kondisi kesehatan keuangan karyawan yang kurang baik akan berdampak pada produktivitas kerja.

Bisa-bisa, karyawan tidak bisa berkontribusi dalam target perusahaan.Selain itu, karyawan pun akan kehilangan fokus dan konsentrasi saat bekerja. Gara-gara tekanan mental masalah keuangan, pekerjaan bisa jadi korbannya.Jika sudah begitu, nama perusahaan bisa buruk.

Bagaimanapun juga, pihak perusahaan harus bertindak sebelum terlambat dan patut menjadikan isu ini sebagai pertimbangan.

Cara Meningkatkan Kesehatan Keuangan Karyawan

Untuk menghindari ‘kerugian’, perusahaan wajib meningkatkan kesehatan keuangan karyawan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan: 

#1 Memberikan Edukasi Pengelolaan Keuangan Pribadi

Masih banyak orang yang belum melek finansial. Bisa-bisa beberapa di antaranya adalah karyawan Anda. Tak ada salahnya untuk memberikan edukasi pengelolaan keuangan untuk para karyawan, bukan?

Pemberian edukasi bisa dilakukan dengan cara memanggil seseorang yang ahli dalam bidang perencana keuangan (financial planner).

Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin, missal seminggu sekali atau sebulan sekali.Dengan memberikan edukasi pengelolaan keuangan pribadi untuk karyawan, perusahaan sudah menjalankan program kesejahteraan untuk karyawan.

Langkah awal untuk bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik adalah mencatat keuangan. Di era Industri 4.0 ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mencatat keuangan.Gunakanlah aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat diunduh di ponsel Anda, sehingga dapat diakses kapanpun dan di manapun.

[Baca Juga: Sebelum Terlambat, Cek Kesehatan Keuangan Moms Sekarang!] 

Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang bisa membantu Anda meraih tujuan keuangan. Salah satunya, fitur pencatatan keuangan harian.Dengan mencatat keuangan harian, Anda dapat mengetahui uang Anda habis untuk apa saja.

Ini bisa menjadi evaluasi ke depannya untuk mengatur uang dengan lebih baik lagi.Yuk, unduh aplikasinya di Google Playstore atau Apple Apps Store.

#2 Memahami Pentingnya Dana Darurat

Masa depan tidaklah pasti. Kita belum siap dengan apa yang akan terjadi. Misalnya, keadaan darurat.Ketika keadaan darurat terjadi, karyawan seringkali kesulitan menghadapinya karena tidak memiliki dana darurat. 

Oleh karena itu, ciptakan mindset baru di benak para karyawan bahwa dana darurat itu penting.Perusahaan pun wajib memahami pentingnya kebutuhan dana darurat.

Oleh karena itu, ada baiknya jika perusahaan bisa memberikan fasilitas untuk memberikan suntikan dana darurat bagi karyawan. Misalnya, perusahaan bisa memberikan fasilitas pinjaman kantor dan fasilitas gaji di bayar di muka (salary advance) 

#3 Memiliki Asuransi Sesuai Kebutuhan

Selain kesehatan keuangan karyawan, kesehatan juga hal yang paling penting. Namun, tak ada yang bisa menjamin bahwa kita akan selalu sehat.

Jatuh sakit pun menjadi sebuah keadaan darurat yang tak bisa diprediksi.Nah, dengan adanya asuransi, karyawan tak perlu pusing mengenai biaya jika mengalami sakit.

Karyawan pun bisa segera berobat di rumah sakit untuk sembuh.Di sinilah pentingnya peran perusahaan. Perusahaan wajib memberikan fasilitas asuransi kesehatan untuk karyawannya.

Karyawan pun berhak untuk mengetahui selengkap-lengkapnya tentang syarat dan ketentuan pemakaian asuransi. Jangan hanya memberi saja, tapi tidak dijelaskan.Selain itu, sebaiknya perusahaan memberikan fasilitas asuransi yang cashless. 

Dengan begitu, karyawan bisa langsung memakainya tanpa perlu menunggu reimbursement. Kalau sistemnya reimbursement, itu sama saja dengan karyawan harus punya uang dulu baru bisa berobat. Iya, kan?

[Baca Juga: Check Up Dulu! 4 Indikator Kesehatan Keuangan Para Milenial

#4 Mengadakan Konseling Tentang Utang

Saat ini, mendapatkan pinjaman bisa jadi mudah. Apalagi, seiring dengan perkembangan Fintech (financial technology) yang memberikan kemudahan dalam pinjam meminjam uang.

Namun, jika karyawan tidak berhati-hati, bisa-bisa terjebak dalam pinjaman online bodong yang jelas-jelas merugikan. Hal ini bisa membuat mental karyawan terganggu alias stress.

Di sini, perusahaan sebaiknya memberikan konseling perihal utang. Ini dilakukan untuk mereka yang sedang kesulitan keluar dari lingkaran utang.Selain itu, dengan adanya konseling utang, karyawan bisa lebih menyadari untuk bijak dalam berutang.

Kabar baiknya, Finansialku memiliki perencana keuangan (financial planner) handal yang bisa membantu karyawan Anda keluar dari masalah keuangan.Caranya pun cukup mudah.

Konsultasi saja lewat aplikasi Finansialku premium. Jadi, tidak perlu membuang waktu karena terjebak macet di perjalanan.Jangan lupa manfaatkan promo potongan harga 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50, ya. Lumayan, kan? 

#5 Memberikan Pelatihan Dana Pensiun dan Hari Tua

Karyawan Anda tak akan selamanya bekerja. Pasti ada waktunya untuk pensiun. Sebagai pengelola atau pemilik perusahaan yang bijak, Anda wajib memberikan apresiasi dengan cara memastikan hari tua mereka terjamin.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelatihan dana pensiun dan hari tua. Pelatihan ini sebaiknya diberikan dari jauh-jauh hari.Bagaimana pun juga dana pensiun dan hari tua harus dipersiapkan dengan baik.

Semakin dini, semakin baik. Maka dari itu, mumpung masih muda dan selagi memiliki banyak energi, sebaiknya kita sudah mulai membuat rencana tentang pensiun atau hari tua.

Setidaknya, perusahaan memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan. Fasilitas ini ditujukan untuk tunjangan hari tua. Sampaikan informasi selengkap-lengkapnya pada karyawan. Jangan hanya memberikan kartunya saja.

Kesejahteraan Karyawan = Kesejahteraan Perusahaan

Inilah saatnya Anda membekali karyawan dengan mindset baru, pengetahuan yang bermanfaat, dan keterampilan dalam mengelola keuangan pribadi.

Jangan biarkan karyawan Anda bermasalah dengan kondisi keuangannya. Akibatnya akan berpengaruh terhadap perusahaan Anda.

Jika Anda menghargai dan mensejahterakan karyawan, perusahaan pasti akan tambah maju. Pihak perusahaan bisa juga merekomendasikan ebook dari Finansialku berjudul Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan. Dengan begitu, para karyawan bisa mengetahui apa saja yang harus direncanakan secara keuangan sebagai karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *