Foto : Nestle

Sekarang ini, banyak sekali pilihan side job untuk karyawan yang bisa dilakukan di masa renggang untuk menambah penghasilan di luar penghasilan utama.

Tapi kadang, terlalu banyak pilihan malah membuat kita tidak maju dan jalan di tempat, karena bingung saat harus mengambil keputusan.

Bukannya segera melakukan, malah menundanya karena mentok cari-cari keputusan di tengah pilihan yang bejibun. Sebenarnya, tidak ada cara saklek yang bisa dilakukan untuk memilih side job untuk karyawan.

Cara Pilih Side Job Untuk Karyawan

Tapi, ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan konsep IKIGAI.

IKIGAI ini terdiri dari dua kata, yaitu IKI yang memiliki arti ‘Kehidupan’, dan GAI yang berarti ‘Nilai/Value’.

Beberapa dari kamu mungkin sudah tahu, pendekatan ini dibuat oleh orang-orang Jepang yang menggabungkan apa yang kita suka, apa yang kita kuasai, apa yang bisa kita jual kepada orang-orang, dan apa yang dibutuhkan oleh dunia.

Ada empat aspek dalam IKIGAI yang berkesinambungan, dan harus kita lakukan secara seimbang. Jika salah satu di antaranya menghilang atau tidak kita lakukan, maka artinya kita belum bisa menemukan ikigai.

Adapun, empat aspek tersebut adalah:

  • Apa yang kita suka?
  • Apa yang kamu bisa atau kuasai?
  • Apa kemampuan yang dikuasai tersebut layak mendapatkan bayaran?
  • Apa yang dunia atau lingkungan butuhkan dari diri kita? 

[Baca Juga: Ini Beberapa Contoh Side Hustle, Mau Pilih yang Mana?

Dari empat aspek ini beririsan satu sama lain, seperti aspek pertama yang kedua, yang beririsan kemudian membentuk sebuah istilah baru, yaitu passion.

Pada passion, kita harus bisa mendefinisikan suatu aktivitas yang bisa membangun minat kita, tanpa memikirkan kembali tentang bagaimana cara melakukannya.

Misalnya, kita suka menulis sebuah cerita, dan kita sudah tahu bagaimana caranya menulis cerita dengan baik. Maka itu yang disebut dengan passion.

Kemudian, aspek pertama dan kedua, juga beririsan dengan aspek ketiga, yang kemudian disebut dengan profesi, di mana orang berani membayar dengan harga tertentu untuk hal yang kita sebut sebagai passion.

Contohnya, ketika kita berhasil menciptakan sebuah karya tulisan yang baik dan banyak orang yang berani mengeluarkan uang untuk karya tulisan kita tersebut.

Kemudian irisan selanjutnya vocation, adalah ketika kita menjalankan profesi kita berdasarkan passion, di mana profesi tersebut bermanfaat untuk semua orang.

Misalnya, kita diminta untuk menulis cerita inspirasi dari sosok pahlawan, maka vocation dari pekerjaan ini adalah kita memberikan motivasi kepada banyak orang melalui tulisan kita.

Irisan keempat adalah mission, adalah irisan dari aspek pertama dan keempat, saat kita melakukan apa yang kita suka dengan tujuan memenuhi kebutuhan dunia.

Misalnya, ketika kita diminta untuk menulis sesuatu yang bisa menaikkan citra satu pihak tertentu, yang tidak dengan kebenaran, tapi kita memilih untuk tidak menulisnya. Maka kita sedang ada dalam irisan mission.Kemudian yang terakhir adalah IKIGAI, yang merupakan irisan dari semua aspek tersebut.

[Baca Juga: Hati-Hati Kena Middle Income Trap, Bikin BANGKRUT!

Ikigai ini yang kemudian menjadi alasan kita hidup dengan semangat dan menjalaninya dengan produktif.Ketika seseorang sudah menemukan sisi IKIGAI-nya, sesulit apa pun rintangan yang sedang dihadapi, dia tidak akan mudah menyerah. 

Langkah Selanjutnya, Apakah kamu sudah menemukan IKIGAI-nya, maka langkah selanjutnya adalah membuatnya menjadi kenyataan.

Agar berhasil, Kamu bisa mencari tahu cara menambah penghasilan dengan memanfaatkan IKIGAI yang sudah ditemukan, lewat online class gratis dari Finansialku berjudul Income Breaktrough yang bisa diakses melalui course.finansialku.com.

Kamu hanya perlu login menggunakan akun Finansialku, lalu mengikuti seluruh prosesnya sampai selesai untuk mencari tahu cara menambah penghasilan dengan cerdas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *