Baterai smartphone ikut berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Meskipun banyak smartphone yang kini memiliki baterai yang besar dan tahan lama, powerbank dan charger tetap menjadi salah satu perangkat wajib yang harus dibawa kemana-mana bagi sebagian orang.

Raksasa teknologi Samsung baru-baru saja mengajukan paten baru yang memberikan opsi pengisian daya yang lebih elegan ketimbang kabel seperti pengisi daya pada umumnya.

Paten yang diajukan oleh Samsung di kantor paten Korea Selatan yang baru saja terbit hari ini menunjukkan perangkat kecil yang sangat aneh. Dilansir dari GalaxyClub, perangkat ini berbentuk cincin yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone.

Baca juga: Vodafone Gandeng Disney untuk Rilis Smartwatch Anak

Perangkat ini tidak menggunakan baterai seperti pada powerbank sebagai sumber listrik, namun menggunakan cakram magnet di dalam cincin yang akan menghasilkan listrik dari gerakan tangan penggunanya.

Foto: Paten Samsung

Ada generator kecil yang tertanam dalam cincin tersebut, namun desain pada paten Samsung tidak menunjukkan semuanya. Samsung mengklaim perangkatnya juga bisa mengubah panas tubuh dan energi kinetik menjadi listrik.

Baca juga: Chipset Qualcomm Snapdragon 888 Resmi Meluncur

Baterai kecil yang tersemat pada perangkat tersebut berfungsi untuk menahan listrik yang sudah dihasilkan dari gerakan tangan dan panas tubuh sebelum mentransfernya ke smartphone.

Cincin ini nantinya bisa digunakan untuk mengisi daya tanpa kabel, hanya dengan memegang ponsel seperti biasa dan perangkat cincin akan mengisi daya secara otomatis.

Seperti perangkat lain yang baru masuk paten, Samsung masih perlu melakukan beberapa perbaikan sebelum merilis perangkat ini secara resmi untuk konsumen, salah satu hal yang sepertinya menjadi tantangan adalah ukuran perangkat ini.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *