Qualcomm, perusahaan multinasional semikonduktor asal Amerika Serikat, baru-baru ini meluncurkan chipset generasi terbaru untuk ponsel flagship, Snapdragon 888. Prosesor terkini ini merupakan penerus dari pendahulunya, Snapdragon 865 SoC, yang diluncurkan tahun lalu. 

Baca Juga: Apple Dikabarkan Bakal Rilis MacBook Baru di 2021 dan 2022

Awalnya, chipset terbaru itu akan diberi nama Qualcomm Snapdragon 875. Tetapi, saat peluncuran namanya menjadi Snapdragon 888. Alasan pemilihan nama tersebut sungguh menarik untuk disimak. 

Saat sesi keynote, pihak Qualcomm mengklaim jika nomor 888 merupakan pilihan nama yang memberi kesan premium pada produknya. Dalam budaya Cina, nomor 888 memiliki simbol keberuntungan dan kemakmuran, di mana keduanya merupakan hal yang ingin dicapai perusahaan ini untuk kesuksesan di masa mendatang.  

Bagi Qualcomm, dari 14 mitranya, 12 di antaranya merupakan produsen smartphone Cina. Perang dagang antara AS-Cina yang sedang terjadi membuat perusahaan ini ingin memastikan jika hal tersebut tidak mempengaruhi kecocokan chipset flagship-nya sehingga memilih Snapdragon 888.

Xiaomi mengonfirmasi jika ponsel keluaran terbarunya, Mi 11, akan menjadi smartphone pertama yang akan mencicipi SD888 SoC. Meskipun tanggal peluncurannya belum diketahui, terdapat rumor yang menghembuskan kabar jika smartphone ini mungkin akan diluncurkan akhir bulan ini. 

Selain Xiaomi, beberapa produsen ponsel lainnya juga mengonfirmasi jika smartphone flagship besutannya akan ditenagai chipset teranyar ini. Termasuk di dalamnya Black Shark, Nubia Red Magic, OPPO, Realme, LG, Vivo, iQOO, dan OnePlus.

Qualcomm Snapdragon 888 sejauh ini merupakan produk paling powerful yang ditawarkan perusahaan ini. Di dalam chipset ini, terdapat satu paket core Cortex X1, tiga core Cortex A78, dan empat core Cortex A55, bersama Adreno 660 GPU.

Baca Juga: Asisten Suara Alexa Kini Dapat Bicara dalam Beberapa Bahasa

Turut pula di dalamnya modem 5G Snapdragon X60 terintegrasi dengan dukungan mmWave dan sub-6GHz 5G. Chipset ini juga mendukung konektivitas Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Spesifikasi lengkap dari Snapdragon 888 bisa dilihat di sini.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *