Foto: Google

Teknologi.id – Bagi kalian yang ingin membuat website untuk toko online, portofolio, karya tulis, dan semacamnya, tentu perlu memperhatikan poin-poin penting dalam merancangnya. Terlebih, jika kamu masih seorang pemula dalam hal membuat website.

Baca juga: Ini Dia, Keuntungan Pakai Nama Domain .id

Secara umum, website adalah sekumpulan halaman informasi yang dapat diakses melalui jaringan internet sehingga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari seluruh dunia, tanpa terbatas ruang dan waktu. Website terdiri dari beberapa komponen, yaitu teks, gambar, suara animasi dan lainnya.

Komponen-komponen itu menjadikan website media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain. Website yang berhasil akan menunjukkan bahwa suatu itu dapat menarik minat pengunjung dan menghasilkan banyak trafik.

Simak beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuat website, dalam usaha memberikan kesan yang bagus dari pengunjung.

1. Gunakan font yang mudah dibaca

Menggunakan font yang lebih dikenal dan mudah dibaca adalah keputusan yang terbaik. Perlu dicatat bahwa San Serif adalah yang font yang paling banyak diterima untuk desain online, dan font Serif paling tepat untuk desain cetak.

Saat kamu menggunakan terlalu banyak font yang berbeda dalam desain yang sama, maka akan membuat konten menjadi kurang scannable. Jangan ragu untuk menggaris-bawahi dan menebalkan kata kunci atau link untuk membuat mereka lebih menonjol dan menarik.

2. Desain yang responsif

Pada zaman sekarang ini, pendekatan yang paling penting untuk website adalah desain yang responsif. Hal ini akan memungkinkan website milikmu untuk terlihat dan berfungsi dengan baik pada ponsel, tablet, dan berbagai jenis komputer.

Biasanya perangkat ada pada 2 versi dari situs yang sama, yaitu ponsel dan desktop, sedangkan fitur adaptif yang baru ini secara otomatis bisa sesuai dengan ukuran layar dan fungsi pada perangkat apapun.

3. Gunakan navigasi yang intuitif

Intuitif disini berarti mudah digunakan. Sebuah navigasi di dalam website biasanya berada di atas sebuah halaman, dan halaman-halaman yang penting diletakkan di navigasi atas. Untuk halaman atau tautan yang tidak terlalu penting, biasanya diletakkan di bagian bawah.

Mengapa memerlukan navigasi yang intuitif? Coba kamu bayangkan sebagai pengguna sebuah website. Apabila kamu membutuhkan informasi dengan waktu yang terbatas, tentunya kamu sendiri akan kesal apabila sebuah website tidak bekerja sebagaimana seharusnya, dan navigasi yang ada di website tersebut sulit untuk digunakan.

Untuk itu, navigasi yang intuitif sangat diperlukan untuk menarik minat pengunjung ke website-mu.

4. Kecepatan website

Manajemen waktu merupakan hal yang penting. Pastikan bahwa waktu load website berada dalam jangka waktu 4 sampai 6 detik. Kecepatan yang tepat adalah fitur yang benar-benar penting, juga salah satu alasan utama mengapa pengunjung akan berhenti mengunjungi website kamu.

5. Hindari flash

Seperti yang kita ketahui, Adobe Flash digunakan untuk menjadi standar dalam membuat interaksi dan animasi di website. Namun hal itu dilakukan pada zaman dahulu. Saat ini, CSS3, HTML5, dan Javascript menjadi pilihan yang lebih cerdas untuk memberikan website pengalaman yang lebih dinamis.

Jadi, jika kamu ingin menambahkan animasi ke website, cari di Google dan kamu akan menemukan berbagai plug-in Javascript / Jquery yang bisa membantu dalam membuat fungsionalitas yang lebih untuk website yang ingin dibuat.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *