Laporan lalu lintas di Google Maps memungkinkan pengguna mengetahui apakah rute yang dilalui sedang padat atau lengang. Kini, pengguna juga sudah bisa menambahkan laporan lalu lintas sendiri. Berikut caranya.

Langkah-langkah berikut bisa digunakan untuk aplikasi Google Maps di Android dan iPhone dan pastikan kamu tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Untuk memulai, buka aplikasi “Google Maps” dan masukkan tempat tujuan seperti biasa. Setelah masuk ke dalam mode navigasi, ketuk informasi rute (route information) di bagian bawah, yang berisi estimasi jarak dan waktu kedatangan.

Baca juga: 15 Fungsi Tombol Windows di Keyboard untuk Pintasan

Untuk menambahkan laporan lalu lintas baru, tap opsi “Tambahkan Laporan” atau “Add a Report” di bagian atas menu.

Ada beberapa situasi lalu lintas yang tersedia yang bisa ditambahkan dengan menggunakan fitur “Tambahkan Laporan”. Misalnya, ketika terjebak kemacetan, pengguna bisa memilih opsi “Kemacetan” atau “Congestion”. Atau, jika jalur di jalan raya ditutup, pengguna bisa memilih opsi “Penutupan Jalur” atau “Lane Closure”.

Memilih salah satu opsi ini akan menambahkan peringatan itu ke lokasi tempat pengguna berada. Opsi yang muncul akan berbeda-beda tergantung pada lokasi penggunanya.

Foto: Google

Misalnya, pengguna di AS akan mendapatkan menu “Speed Trap” yang bisa memperingatkan pengguna lain tentang pemeriksaan kecepatan yang dilakukan oleh penegak hukum, sementara pengguna di Inggris Raya mendapat menu “Mobile Speed Camera” sebagai gantinya.

Baca juga: Cara Mengetahui WiFi Kita Dipakai Orang Asing

Laporan lalu lintas yang ditambahkan bisa dihapus dalam waktu beberapa detik sebelum laporan ditambahkan ke Google Maps. Tinggal ketuk tombol “Urung” atau “Undo” untuk menghapusnya.

Setelah beberapa detik, laporan akan ditambahkan ke Google Maps dan bisa dilihat pengguna lain. Saat pengguna lain melewati area yang sama, peringatan serupa akan muncul selama pengguna belum menonaktifkan pemberitahuan lalu lintas Google Maps.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *