Saat ini, blog adalah salah satu media yang sangat populer di internet. Ketika orang mencari informasi di mesin pencari, pasti sebagian besar hasilnya berupa blog. Memang, membuat blog sangatlah mudah. Itulah sebabnya ada banyak blog yang telah dibuat hingga sekarang. Padahal, para pembaca tidak perlu membayar blogger untuk membaca kontennya. 

Memang, para pemilik blog tidak mendapatkan uang secara langsung jika kontennya dilihat oleh pembaca. Namun, banyak pebisnis yang membuat blog dan merawatnya dengan serius. Mereka percaya bahwa blog akan sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis. Lalu, apa saja manfaat blog bagi bisnis?

1. Menjaring Pengunjung

Dengan adanya blog, maka Anda selaku pemilik bisnis dapat menjaring pengunjung Anda. Anda bisa menyediakan konten atau artikel dengan topik relevan dengan produk yang Anda tawarkan. Tentunya, orang-orang yang datang pasti memiliki ketertarikan dengan topik artikel Anda.

Dari situ, Anda sudah bisa mendapatkan orang-orang yang cukup potensial untuk melakukan pembelian pada produk Anda. Meskipun mereka belum membeli, tidak masalah. Setidaknya, Anda sudah ‘hadir’ untuk mereka dan mereka menganggap keberadaan bisnis Anda mlelaui blog tersebut.

Mereka juga bisa saja melihat produk yang Anda jual. Bukan tidak mungkin mereka bakal kembali lagi suatu saat untuk melakukan pembelian produk Anda. Pada dasarnya, dengan blog Anda bisa mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran. Tepat sasaran yang dimaksud adalah memang memiliki minat dengan produk Anda. 

2. Mendapatkan Leads

Blog Anda juga bisa mendapatkan leads pengunjung jika Anda melakukannya dengan tepat. Seperti yang Anda tahu, leads adalah kontak milik pengunjung blog Anda. Bentuk dari leads bisa bermacam-macam, seperti kontak email, nomor telepon, dan lain-lain. 

Bisa dibilang bahwa blog yang mampu mendapatkan leads adalah blog yang cukup potensial untuk menjual produk. Itu karena pemilik blog pastinya bisa menghubungi pengunjung melalui leads yang diberikan. Dengan begitu, pemilik blog dapat menawarkan sebuah produk kepada pengunjung. 

Setelah memiliki leads yang cukup banyak dan potensial, maka Anda bisa mengirim newsletter untuk menjalin komunikasi dengan pengunjung. Dari situ, terciptalah kedekatan antara Anda dan pengunjung sehingga proses penawaran produk lebih mudah.

3. Memperkenalkan Produk

Dengan memiliki blog, maka kemungkinan website Anda dikunjungi akan lebih tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mencoba memperkenalkan produk melalui blog. Tentunya, produk Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat, terutama pengunjung blog Anda.

Dari situ, ada kemungkinan bagi pengunjung blog Anda untuk tertarik dengan produk yang ditawarkan. Dengan begitu, bisa saja mereka membeli langsung produk Anda hanya dengan mengunjungi blog. Tentunya, hal itu akan meningkatkan penjualan Anda bukan?

Membuat blog sangatlah mudah. Walaupun mudah, namun ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan, salah satunya adalah bisa memperkenalkan produk Anda. Jadi, kapan Anda ingin membuat blog?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *