Mulai hari ini, pembuat konten YouTube dapat melakukan streaming langsung video mereka dalam rentang dinamis tinggi (HDR). Platform ini telah mendukung HDR untuk konten rekaman sejak 2016, tetapi belum diterapkan untuk Live Streaming sebelumnya. YouTube mengklaim pengumuman ini sebagai “platform besar pertama yang mendukung HDR pada siaran langsung”.

Saat peluncuran, pihak YouTube juga membeberkan bahwa siaran langsung atau Live Streaming di YouTube akan mendukung standar HDR10 dan HLG. YouTube juga berharap agar pihaknya dapat lebih memperluas penawaran ini di masa depan. Tentunya, ini akan sangat menguntungkan bagi para creator yang menggunakan YouTube sebagai media berkreasinya.

Baca Juga: Orang Amerika Tak Banyak yang Pakai WhatsApp, Kenapa?

HDR sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan video menampilkan warna dan kecerahan yang lebih luas. Contohnya, warna hitam bisa lebih gelap dan putih bisa lebih cerah. Masing-masing warna akan menampilkan lebih banyak detail dalam bayangan dan sorotan gambar.

Hasilnya adalah gambar tampak jauh lebih kuat dan bersemangat sehingga beberapa orang berpendapat bahwa lompatan dari SDR (rentang dinamis standar) ke HDR menawarkan manfaat yang lebih besar daripada lompatan dari 1080p ke 4K. Sebelumnya, Live Streaming di YouTube hanya mampu mengandalkan resolusi terbesar 4K, tapi kini penonton sudah bisa dimanjakan dengan resolusi HDR.

Untuk memanfaatkan teknologi baru ini, pembuat konten perlu menggunakan salah satu daftar Google Encoder yang mendukung. Para pemirsa yang ditargetkan untuk menjadi menonton harus melihatnya di perangkat pemutaran yang mendukung aplikasi YouTube di TV HDR, Chromecast Ultra, atau perangkat Android dengan layar HDR.

YouTube mengatakan pihaknya berencana untuk menambahkan dukungan agar lebih banyak creator terutama yang memanfaatkan perangkat seluler untuk streaming dengan resolusi HDR di masa mendatang. Jika perangkat creator maupun pemirsa belum mendukung HDR, maka tidak akan melihat opsi HDR di menu pengaturan kualitas video, tetapi masih dapat menonton video dalam SDR.

Baca Juga: Video TikTok Paling Populer Sepanjang Tahun

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *