Tanggal 10 Desember kemarin, Instagram meluncurkan Shopping in Reels, untuk mengungguli pesaingnya yakni TikTok. Fitur yang baru saja diumumkan pada bulan Oktober lalu itu, menjadi bagian dari serangkaian pembaruan di aplikasi Instagram. Dengan peluncuran fitur belanja di Reels, para pebisnis dan kreator akan dapat menandai produk jualan mereka dalam video pendek (contohnya seperti gambar di atas). Fitur belanja tersebut memiliki tab sendiri di Instagram.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa saat ini banyak pengguna Reels yang sudah menampilkan konten belanja. Kebanyakan produk yang ditawarkan ialah fashion, make up, skincare, dan lain sebagainya. Sekarang, saat orang-orang melihat video Reels, mereka dapat mengetuk tombol “Lihat Produk” untuk membeli, menyimpan, atau mempelajari lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Postingan Terjadwal di Instagram, Anti Ribet

Selain itu, pembuat konten dapat menambahkan tag “Konten Bermerek” ke video Reels mereka. Tag ini nantinya berbentuk transparan dan memberi informasi mengenai brand dan pihak kerja sama. Sehingga, fitur tag ini sangat cocok untuk promosi berbayar.

Pembaruan ini membuat belanja menjadi fokus yang lebih besar untuk Instagram daripada sebelumnya. Terlebih, fitur belanja ini sekarang hadir di video yang ada di Reels.

Secara khusus, semakin banyak perusahaan menggunakan fitur belanja di video Reels ini sebagai salah satu daya tarik mereka untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Dalam beberapa bulan terakhir, investor telah mendukung beberapa platform belanja seperti Popshop Live, Bambuser, Alibaba, Amazon, Google, dan JD.com. Platform belanja ini juga telah mengikuti tren belanja melalui video dengan berbagai cara sebelumnya.

Sebagaimana yang telah dikatakan di atas, bahwa fitur belanja di Reels ini merupakan bentuk persaingan Instagram dengan TikTok. Diketahui jika pihak TikTok sendiri telah bermitra dengan Shopify dan telah melayani periklanan yang melibatkan influencer dan content creator TikTok. Ditambah, kini TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2020 dan menunjukkan perubahan besar dalam hal bersosial media khususnya bagi anak muda. Posisi ini menggeser Instagram yang sebelumnya merajai.

Berharap untuk tidak ketinggalan, Instagram pun telah menerapkan sejumlah pembaruan dan mengubah tampilannya. Meskipun, perubahan tampilan utama kemarin sempat mendapat banyak kritik dari para penggunanya. Saat ini, pengguna Instagram di seluruh dunia dapat melakukan kegiatan berbelanja dari berbagai jenis postingan di Instagram seperti Feed, IG Stories, Live, IGTV, dan Reels.

Baca Juga: Cara Mudah Instagram Live dengan 4 Akun Sekaligus

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *