Foto: Google

Teknologi.id – Pada saat ini, kita dipermudah dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Hal-hal yang kita lakukan sehari-hari bisa terasa lebih cepat selesai dan praktis. Salah satunya ialah dalam hal menandatangani dokumen.

Secara khusus, mungkin masih banyak yang belum mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membubuhkan tanda tangan secara digital. Dilansir dari Hubspot, tanda tangan digital adalah tanda tangan yang dilakukan secara digital dan menunjukkan persetujuan pada suatu kontrak atau dokumen.

Hal ini biasanya dilakukan apabila seseorang yang dimintai tanda tangan sedang berada di luar jangkauan sehingga harus menandatangani dokumen tertentu melalui perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet.

Berikut ada 5 aplikasi tanda tangan secara digital yang dapat dicoba ketika kamu berada di situasi genting.

1.HelloSign

Foto: Coupa Advantage

HelloSign memudahkan penggunanya untuk melakukan eSignature atau tanda tangan digital di dalam berbagai dokumen. Menurut Hubspot, HelloSign merupakan salah satu aplikasi yang terbaik di pasaran sehingga cocok digunakan oleh semua kalangan.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, namun membubuhkan tanda tangan digital hanya dibatasi sebanyak tiga dokumen dalam sebulan. HelloSign menyediakan beberapa jenis paket yang bisa kamu beli, seperti paket pro, business, dan enterprise.

Paket-paket tersebut memiliki harga serta fitur-fitur yang berbeda. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau App Store.

2. Adobe Fill & Sign

Foto: Downzen

Aplikasi lainnya yang dapat kamu coba ialah Adobe Fill & Sign. Aplikasi ini tergolong cukup populer dan terpercaya dalam melakukan tanda tangan digital.

Dilansir dari App Sheet, Adobe Fill & Sign dioptimalkan agar berfungsi dengan baik untuk membubuhkan tanda tangan digital dalam dokumen yang memiliki format PDF. Cara menggunakannya sangat mudah.

Kamu hanya perlu melakukan screenshot untuk dokumen yang akan ditandatangani, mengatur gambar agar menjadi proporsional, lalu kamu tinggal tanda tangan di dalamnya. Sama dengan HelloSign, kamu juga bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store atau App Store.

3. PandaDoc

Foto: APK Pure

PandaDoc dikenal dengan interface yang rapi sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Untuk menggunakan PandaDoc, ada beberapa paket yang ditawarkan, seperti paket individual, business, dan enterprise. Hampir mirip dengan tawaran HelloSign, bukan?

Kamu bisa menggunakannya secara gratis, namun hanya masa percobaan selama 14 hari saja. PandaDoc dapat kamu unduh di Google Play Store atau App Store.

4. SignNow

Foto: Software 4 Download

Dilansir dari App Sheet, sebelum resmi dinamakan SignNow, aplikasi ini dikenal dengan nama CudaSign. Aplikasi ini juga  digunakan oleh semua kalangan karena tampilannya yang sederhana.

Terdapat berbagai fitur menarik, seperti menandatangani dokumen PDF, menyunting dokumen sebelum dikirim, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga bisa diunduh di ponsel, baik di Google Play Store ataupun App Store.

5. PrivyID

Foto: APK Pure

PrivyID merupakan aplikasi tanda tangan digital milik perusahaan lokal. Aplikasi ini sudah sah dan legal di mata hukum untuk verifikasi data hingga pengiriman dokumen digital. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dalam menggunakannya.

Cara memakainya pun hampir sama dengan aplikasi sejenis lainnya. Saat melakukan pendaftaran, kamu harus melalui proses verifikasi e-KTP, nomor ponsel, serta email untuk melakukan validasi identitas dari pengguna.

Baca juga: 6 Tips Dalam Memilih Software Customer Verification

Itulah beberapa aplikasi tanda tangan digital yang dapat kamu gunakan untuk kebutuhan pekerjaanmu sehari-hari. Semuanya dapat kamu gunakan sesuai dengan fungsi dari masing-masing aplikasi.

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *