Kebutuhan smartphone yang semakin mendekati ‘garis primer’, saat ini memang tak bisa lepas dari setiap orang. Namun, permasalahan yang kerap dijumpai dan bikin kesal adalah smartphone atau HP kita jadi sering panas dan tidak lagi nyaman digenggam. Sebagian mereka bertanya-tanya bagaimana solusi HP agar tidak cepat panas tanpa mencari tahu akar masalahnya.

Penyebab Utama HP jadi cepat panas ini sebetulnya sangatlah sederhana. Kebiasaan kecil dari pengguna HP pun juga bisa menjadi salah satu penyebab suhu HP semakin mudah meningkat. Berikut adalah penyebab HP jadi cepat panas beserta solusi praktis menanganinya:

1. Penggunaan Casing Tambahan

Foto: Lazada

Menggunakan casing HP tambahan memang diperlukan bagi sebagian orang untuk berbagai macam hal. Seperti untuk bergaya, mengusir rasa bosan pada bodi HP yang monoton, mengurangi licin saat menggenggam HP, dan lain sebagainya. Namun, perlu diketahui jika penggunaan casing tambahan ini secara tidak sadar dapat menahan panas yang seharusnya bisa dikeluarkan dengan bebas oleh HP.

Jika Anda memang ingin menggunakan casing tambahan, untuk solusinya yaitu Anda bisa melepas sejenak casing tersebut saat suhu HP dirasa meningkat. Hal tersebut bertujuan agar panas yang terjebak di casing itu dapat keluar dengan baik dan HP mendapatkan sirkulasi udara.

Baca Juga: Jangan Asal Beli Casing HP ! Berikut Tips Memilih Casing HP yang Tepat

2. Bug pada Aplikasi dan Sinyal Buruk

Foto: E&T Magazine

Bug pada aplikasi dan saat HP berada pada lokasi sinyal yang buruk akan memperparah kinerja perangkat HP. Sistem butuh kerja ekstra untuk dapat me-load sebuah aplikasi tersebut dan mengoptimalkan sinyal di HP. Kinerja ekstra tersebut membutuhkan lebih banyak daya, sehingga HP tidak hanya jadi cepat panas, tapi juga cepat lowbat.

Solusi mudah yang paling mungkin dilakukan ialah dengan menginstall ulang aplikasi yang mengalami bug, restart HP, dan menggunakan mode pesawat saat berada di lokasi yang memiliki sinyal buruk.

Baca Juga: Ini Cara Cari Tahu Password WiFi, Gampang Banget!

3. Meletakkan HP di Kantong Baju

Foto: Okezone

Meletakkan HP di dalam kantung baju yang berdekatan dengan tubuh, apalagi dalam kondisi cuaca yang panas, merupakan salah satu penyebab semakin meningkatnya suhu HP Anda. Hal ini bisa menyebabkan HP terjebak dalam suasana panas dan sulit mendapat sirkulasi yang baik untuk melepaskan kalor tersebut. Solusinya sangat sederhana, jangan letakkan HP secara dekat ke tubuh Anda dan hindari pula dari paparan sinar matahari langsung.

4. Memakai HP saat Dicas

Foto: Smart Money

Siapa yang sering melakukan ini? Menggunakan HP saat tengah dicas dapat menimbulkan overheating atau panas berlebih. HP dipaksa untuk bekerja, sementara saat melakukan pengisian daya HP juga menerima kalor dari charger. Alhasil, suhu di HP Anda langsung melonjak. Solusi yang sebenarnya mudah tapi sulit dilakukan ialah dengan tidak menggunakan HP untuk sementara, saat HP dalam posisi sedang dicas.

Baca Juga: Cara Menghapus Browsing Data di Chrome Tanpa Ribet Klik Menu

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *