Setiap akhir tahun, TikTok menyelenggarakan sebuah acara bertajuk ‘Year on TikTok’ yang mengupas kategori konten TikTok paling populer di platformnya sepanjang tahun.

Untuk tahun ini, aplikasi yang tengah digandrungi oleh banyak orang, khususnya anak muda tersebut mengadakan Year on TikTok 2020.

Pada acara tersebut, TikTok mengungkap kategori-kategori yang berisi konten dan kreator paling populer sepanjang tahun 2020. Data tersebut dikumpulkan dan dirangkum oleh TikTok Indonesia.

Berdasarkan hasil persentasi dari data tersebut, konten video yang paling viral sepanjang tahun 2020 adalah yang memiliki tema komedi, edukasi, fashion and beauty, talent, dan makanan.

Untuk kategori pertama yakni Rising Creator, TikTok menyebutkan jika kategori ini yang melatar belakangi-nya ialah yang gemar membahas keberagaman dan memberikan inspirasi. Untuk kreator yang memenangkan kategori ini, yaitu @rensiasanvira dengan konten edukasi kepada anak. Selain kategori Rising Creator, @rensiasanvira juga berkesempatan untuk memenangkan kategori Top Educators.

Baca Juga: Fakta Video Viral Dinosaurus Turun dari Truk di Magetan

Lanjut di kategori kedua, terdapat top kreator @sandys.ss, @jharnabhagwani, dan @jebunggg. Untuk Jharna sendiri, melejit dengan konten beauty make up yang ia padukan dengan Lathi Challenge.

Kategori ketiga adalah Most Viewed Video yang berasal dari akun @alsaaql dan @dedek_soemantri. Alsa gemar membagikan konten menyanyi yang selalu mendapatkan banyak penonton dan masuk ke For Your Page (FYP) berkali-kali.

Platform yang sedang naik daun ini mengatakan bahwa kreator adalah jantungnya TikTok. Dimana mereka menjadikan platform ini untuk menunjukkan kreativitas, komitmen, dan semangat mereka dalam menghadirkan konten inspirasi bagi penggemar di seluruh dunia.

Pandemi yang menjebak semua orang di dalam rumah membuat sejumlah selebriti ikut bermain TikTok, seperti Marion Jola, Aurel Hermansyah, dan bahkan Raisa. Artis-artis tersebut memanfaatkan platform TikTok ini agar bisa ‘duet’ dengan para fansnya.

Selain lagu duet, terdapat lagu yang sering digunakan oleh pengguna yaitu AAH Mantap dan pastinya Kopi Dangdut. Lagu Kopi Dangdut pun kembali populer di tahun 2020 ini semenjak dibawakan oleh @asyrafjamall.

Selanjutnya, terdapat kategori Breakthrough Accounts yang didalamnya ada akun @kemenkominfo dan @lawancovid19_id.

Mereka membagikan informasi yang bermanfaat serta momen inspirasi dan positif pada pengguna TikTok.

“Dengan meluncurkan Year on TikTok ini kami berharap pengguna dapat melihat secercah kebahagiaan di tahun ini dan menatap masa depan dengan optimis,” ujar Angga Anugrah, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia via Zoom (15/12).

Baca Juga: Ini Penyebab Layanan Google Down Massal Tadi Malam 

(af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *