Pada hari Selasa, 15 Desember 2020, Twitter mengumumkan bahwa pihaknya akan mengakhiri layanan Periscope pada Maret 2021 mendatang. Sebelumnya, Twitter mengakuisisi Periscope sebelum aplikasinya diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi sendiri pada tahun 2015.

Periscope menambahkan fitur streaming langsung di Twitter, lengkap dengan fitur komentar pengguna dan bisa diikuti oleh siapa pun jika tayangan langsung bersifat publik.

Setelah peluncuran Periscope, Facebook juga meluncurkan layanan yang mirip dengan live Twitter, yakni Facebook Live, disusul dengan rilisnya fitur Instagram Live.

Baca juga: Saingan TikTok Bertambah! Facebook Rilis Aplikasi Collab

Mengingat hadirnya fitur serupa para pemain-pemain besar, cukup mengejutkan Periscope mampu bertahan selama ini.

Meerkat sendiri sudah menyerah pada tahun 2016. Namun, pendirinya membuat Houseparty, sebuah aplikasi obrolan video dalam grup yang terintegrasi langsung dengan game.

Houseparty telah berhasil menembus kesuksesan, terutama pada tahun ini karena lebih banyak orang menggunakan aplikasi tersebut untuk bercengkrama dengan teman-temannya dalam suasana obrolan video yang menyenangkan di tengah pandemi.

Twitter dan Periscope mengatakan mereka memutuskan untuk menghentikan aplikasi Periscope karena saat ini aplikasi tersebut dalam status mode pemeliharaan yang tidak berkelanjutan dan telah berlangsung selama beberapa waktu.

Baca juga: Cara Praktis Download Insta Story di Instagram

Itu bisa berarti pertumbuhan pengguna Periscope telah terhenti, dan pemeliharaannya menghabiskan lebih banyak uang tanpa menghasilkan keuntungan yang sesuai.

Twitter juga meluncurkan Fleets, sampai mengumumkan akuisisi aplikasi obrolan video Squad sebagai alasan tambahan untuk mengucapkan selamat tinggal pada Periscope.

Akhir dari Periscope mungkin tidak terhindarkan. Namun, aplikasi ini juga merupakan pengingat yang bagus tentang betapa menyenangkannya siaran streaming langsung dulu di Twitter atau di Periscope.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *