Tiap ponsel dan tablet berbasis Android biasanya memiliki nama bawaan (generic name) yang  sesuai dengan model perangkat itu sendiri (misalnya Pixel 5, Galaxy S20, dan lain-lain). Nama ini biasanya muncul saat perangkat sedang terhubung ke perangkat lainnya. 

Baca Juga: Aktivitas Kalian di Internet Ini Bikin Google Makin Kaya

Selain itu, biasanya nama perangkat juga muncul saat koneksi Bluetooth sedang dinyalakan. Misalnya, kita ingin menghubungkan ponsel ke komputer. Saat sedang memindai perangkat yang ada di sekitar kita, muncul nama ponsel Android kita. Jika orang-orang rumah menggunakan model ponsel Android yang sama, tentu saja hal ini akan menimbulkan kebingungan karena semua nama perangkat yang sama tersebut muncul di layar perangkat kita. 

Nah, supaya tidak bingung, sebaiknya nama bawaan tersebut diganti. Mudah sekali caranya.

Pertama, geser layar bagian atas ke bawah untuk membuka menu notifikasi yang tersembunyi (bisa satu atau dua kali tergantung produsen perangkat yang sedang digunakan). Lalu, klik ikon gerigi untuk membuka menu Settings.

Foto: Dokumentasi pribadi

Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih “About Phone.” Pada perangkat lain, mungkin akan ditemukan menu “System”  terlebih dahulu sebelum masuk ke  “About Phone”.

Foto: Dokumentasi pribadi

Carilah opsi “Device Name” dan ketuk opsi tersebut.

Foto: How-To Geek

Atau, cari tombol untuk edit di pada bagian “Device Name” tersebut.

Foto: Dokumentasi pribadi

Terakhir, ketikkan nama yang ingin diberikan untuk perangkat Android, klik “OK” atau “Save” (atau “Done” seperti pada contoh).

Foto: Dokumentasi pribadi

Baca Juga: Cara Memunculkan Tombol Chat WhatsApp di Profil Instagram

Simpel sekali, bukan? Meskipun tidak selalu muncul di segala situasi, tidak ada salahnya untuk memberikan nama yang berbeda untuk perangkat Android pribadi agar tidak menimbulkan kebingungan saat menghubungkan perangkat.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *