Viralnya game Cyberpunk 2077 membuat para penjahat siber memanfaatkan situasi ini. Kali ini, mereka melakukan aksi kejahatannya dengan memasukan ransomware ke ‘Cyberpunk 2077 Mobile’.

Baca Juga: Game Horor “Green Hell” Akan Hadir di Perangkat VR

Tatyana Shishkova, selaku analis malware Kaspersky, menemukan situs palsu yang dibuat mirip dengan Google Play Store dan berisikan aplikasi Cyberpunk 2077 versi mobile. Situs palsu ini ternyata digunakan penipu untuk mengelabui mereka yang menginginkan Cyberpunk 2077 dan meng-install ransomware pada ponsel mereka.

Ransomware ini dikenal dengan nama CoderWare, yang berkemampuan untuk menginfeksi ponsel secara langsung dan mengenkripsi semua data ponsel, dikutip dari Tom’s Hardware.

Jika korban terkena virus ini, mereka akan diancam untuk membayar tebusan sebesar USD 500 berbentuk bitcoin dalam waktu 10 jam. Apabila tidak dibayar, semua data korban akan dihapus secara permanen kecuali korban memiliki backup yang aman dan tidak terkena infeksi ransomware.

Ransomware yang disebar ini menggunakan varian yang sama dengan serangan ransomware di awal tahun 2020, bernama BlackKingdom. Terkait dengan sebaran virus ini, Shishkoya memberikan cara untuk mengatasi ransomware tersebut.

Walau variannya sama dengan BlackKingdom, CoderWare menggunakan kunci hardcoded. Hal ini menandakan jika korban terkena serangan tersebut, mereka masih bisa menggunakan decryptor untuk mendapatkan kembali akses konten yang terancam dihapus tanpa harus membayar tebusan kepada penjahat siber.

Tentu saja, walau ada penanganan jika terlanjur terkena serangan siber tersebut, tidak mengunduh aplikasi abal-abal dan tidak resmi seperti itu adalah cara terbaik untuk menghindari ransomware masuk ke perangkat ponsel.

Perlu diketahui bahwa saat ini tidak ada Cyberpunk 2077 versi mobile. Jika ingin memainkan game Cyberpunk 2077, perlu menggunakan layanan cloud gaming seperti Google Stadia atau NVIDIA GeForce Now.

Baca Juga: Pakai Cheat, Lebih dari 2 Juta Pemain Diblokir PUBG Mobile

‘Cyberpunk 2077 Mobile’ palsu bukanlah kejahatan pertama yang disebar di internet. Sebelumnya, pernah ada situs-situs yang menawarkan Cyberpunk 2077 secara gratis. Namun, mereka mengelabui gamer dengan installer palsu dan mengumpulkan data pengguna secara ilegal.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *