Akhir-akhir ini, mobil listrik semakin gencar dikembangkan karena lebih ramah lingkungan. Berbagai produsen mobil berlomba-lomba memproduksi mobil listrik.

Baca Juga: Nuro Segera Operasikan Mobil Self-Driving di Kalifornia

Namun, banyak orang yang masih ragu untuk beralih menggunakan mobil listrik karena bermacam-macam pertimbangan. Salah satunya, mengenai jarak tempuh dan infrastruktur. Jika baterai mobil habis saat di perjalanan dan tidak ada tempat untuk mengisi daya, tentu perjalanan akan terganggu.

Nah, kini tidak perlu khawatir lagi akan hal tersebut. Vendor kendaraan asal Korea Selatan, Hyundai, membuat titik pengisian daya mobil listrik di beberapa tempat peristirahatan Tol Trans-Jawa bagi para pengendara mobil listrik. 

“Jadi pemerintah memang menyiapkan tahun depan banyak program itu. Kita berinisiatif membantu kasih charging tambahan dari Jakarta ke Surabaya yang tipe wallmount 7,2 kw. Kita kasih tambahan 4 fast charging di 519 a dan 519 b sama 200 berapa km saya lupa,” ujar Managing Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, Rabu (23/12), sebagaimana dikutip dari detikINET, Jumat (25/12).

Makmur belum dapat memastikan apakah tempat pengisian tersebut akan diperbanyak karena pihaknya menyerahkan kepada pemerintah. Meski demikian, Hyundai akan tetap memiliki beberapa titik tempat pengisian.

“Mungkin nanti program pemerintah ya, kita cuma supporter,” tambahnya. 

Walaupun dibangun oleh Hyundai, tempat pengisian daya mobil listrik ini juga bisa digunakan oleh mobil listrik apa pun meski mobil yang digunakan tidak bermerek Hyundai. Tentu dengan syarat spesifikasi nozzle gun yang digunakan harus sama.

“Bisa itu tidak cuma spesifikasi Hyundai, selama nozzle gun-nya sama. Kan sifatnya membantu program pemerintah jadi bisa,” lanjut Makmur.

Dia juga mengatakan jika pengguna EV (electric vehicle) tak perlu lagi takut kehabisan baterai. Selama ada colokan listrik dan ada alat pengisi, mobil pasti dapat diisi lagi dayanya.

Baca Juga: Begini Penampakan Skuter Listrik CFMoto yang Futuristik

“EV tak perlu takut, yang penting ada colokan listirik, kita kasih portable charger dan merubah habit. Pulang ke rumah colok listrik besok penuh, yang penting jangan sampai baterai habis baru colok. Nggak usah khawatir baterai rusak kita kasih garansi 8 tahun,” pungkasnya.

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *