Sebuah video yang memparodikan lagu kebangsaan Indonesia Raya viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun YouTube MYAsean dengan berbendera Malaysia. 

Diduga, akun tersebut milik warga negara Malaysia. Dalam video parodi lagu Indonesia Raya yang diunggah, pelaku melakukan perubahan dalam bentuk lirik. Tiap kata yang diubah mengandung kata-kata provokatif.

Lirik lagu kebangsaan Indonesia itu diganti dengan kalimat-kalimat ejekan untuk rakyat Indonesia, Presiden Joko Widodo, dan Presiden pertama Soekarno. Tak hanya itu, ia juga melecehkan bendera merah putih dan lambang burung garuda pancasila.

Dalam video berdurasi satu menit lebih itu, Burung Garuda yang menjadi simbol negara Indonesia diganti menjadi ayam. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika juga terlihat ditulis secara terbalik.

Baca juga: 10 YouTuber Terkaya 2020 Versi Forbes, Siapa Saja Mereka?

Berikut bunyi lirik pelecehan Lagu Indonesia Raya:

IIndognesial Kesialanku

Bangsat dan kemunduran

Di sanalah neraka dunia

Jadi pandu rakyatnya

Indognesial kesialanmu

Bangsat dan kecuranganmu

Marilah kita semua ucapkan Indognesial

Matilah Jokoko, mampuslah Soekaporno

Amanlah di neraka

Bangsatlah rakyatmu

Hinalah negerimu

Untuk Indognesial jahanam

Indognesial cair

Melacur pelacur

Mundurlah kamu selamanya

Indognesial sial

Jahanam Jahanam

Majulah tuju ke neraka

Baca juga: Aktivitas Kalian di Internet Ini Bikin Google Makin Kaya

Pengguna media sosial Indonesia sontak mengecam tindakan tersebut. Kecaman ini dikibarkan lewat tagar #IndonesiaRaya di lini masa Twitter. Hingga pukul 11:00 WIB, tagar ini diramaikan oleh 375 ribu cuitan.

Para netizen geram dan berpendapat bahwa tindakan tersebut tak pantas dilakukan lantaran tidak menghormati lagu kebangsaan negara.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *