Jual beli secara online memiliki keunggulan tersendiri, baik bagi penjual maupun pembeli. Apabila Anda memiliki marketplace atau e-commerce online tentu sangat membantu para penjual karena bisa menghemat biaya seperti menyewa atau memiliki toko fisik dan pengeluaran yang terkait dengannya. Di sisi lain, konsumen menghemat waktu dan biaya bahan bakar yang terkait dengan perjalanan ke toko fisik.

Belum lagi kemudahan yang didapat dari memesan apa yang dibutuhkan pelanggan dari tanpa beranjak kemanapun. Sebagus kedengarannya perdagangan online atau e-niaga memiliki kekurangannya juga, terutama untuk para penjual terutama mengetahui data diri sang pembeli. Di sinilah layanan verifikasi e-KYC dan ID digital terbukti sangat membantu.

Tantangan yang Dihadapi oleh Jual Beli Online

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keuntungan dari penjualan online memang banyak, tetapi ada beberapa risiko yang terkait dengan jual beli online. Ada banyak kasus penipuan terjadi pada jual beli online dibandingkan dengan penjualan berbasis toko offline. Alasannya adalah karena tidak adanya kehadiran fisik pembeli saat bertransaksi.

Pembayaran pun biasanya dilakukan melalui cara online masa kini, seperti melalui aplikasi pembayaran, debit, kredit, dan virtual account. Masalahnya di sini adalah Anda tidak dapat bertransaksi langsung dengan pelanggan, sedangkan apabila pembeli membeli barang anda langsung, pelanggan yang melakukan pembelian dapat langsung diverifikasi. Anda dapat melihatnya dan ketika Anda mengambil data tanda tangan mereka, Anda dapat mencocokkannya dengan yang ada di kartu mereka. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa pemilik kartu asli dengan mencocokkan penampilan mereka dengan gambar di kartu mereka (jika tersedia di kartu).

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan kartu kredit atau debit hasil pencurian sangatlah tinggi, sayangnya banyak penjual online terlihat masa bodoh dengan hal tersebut. Padahal jika terjadi kerugian, nama Anda juga bisa ikut terseret kasus kriminal.

Meskipun proses pembayaran online memiliki pemeriksaan ketat tetapi selalu ada kemungkinan celah yang dapat mengakibatkan terjadinya penipuan. Itulah sebabnya transaksi jual beli online membutuhkan layanan yang dapat membantu memberikan verifikasi ID digital dan bukti pembelian.

Baca juga: e-KYC, untuk Mengenali Nasabah/Pelanggan dengan Akurat

E-KYC dan Kegunaannya Dalam Proses Jual Beli Online

Electronic Know Your Customer (KYC) adalah salah satu solusi untuk melakukan verifikasi data lebih canggih. Pada dasarnya ini adalah proses untuk mengetahui siapa yang dihadapi instansi. Biasanya di dalam e-KYC terdapat informasi umum dan latar belakang mereka. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda bekerja untuk lembaga pemerintah, bank, dan lembaga pendidikan. Ini dapat membantu Anda menekan terjadinya pencucian uang, penipuan dan pencurian identitas.

Di era Internet saat ini banyak orang lebih menginginkan proses yang efisien sehingga dibutuhkan langkah verifikasi baru yang lebih cepat. Dengan hadirnya e-KYC proses jual beli akan lebih aman dan nyaman karena formulir akan diberikan secara digital. Beberapa lembaga pemerintahan juga telah melakukan sentralisasi semua data dan terhubung dengan institusi seperti bank, departemen pemerintah, perusahaan asuransi untuk menekan terjadinya pencurian identitas. Bayangkan saja apabila di dalam proses jual beli tersebut ternyata dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan pencucian uang atau penipuan? Anda sebagai penjual atau pembeli tentunya akan terseret di kasus kriminal. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itu, perlu adanya proses verifikasi sebelum melakukan transaksi.

Jual Beli Lebih Aman dengan e-KYC

Di era digital, Know Your Customer (KYC) dan verifikasi ID secara elektronik telah menjadi salah satu hal terpenting untuk bisnis yang beroperasi secara online. Mereka dibutuhkan untuk alasan yang sama, seperti keperluan bank dan instansi keuangan lainnya untuk mencegah penipuan, pencurian, dan pencucian uang.

Tidak seperti toko offline, toko online tidak memiliki interaksi fisik dengan pelanggan mereka, mereka tidak dapat mengetahui apakah kartu kredit yang pelanggan gunakan adalah benar miliknya atau bukan? Selain itu, untuk pihak pembeli mereka tidak memiliki bukti otentik bahwa toko tersebut benar-benar menjual barang dagangan mereka. Semua masalah yang terjadi di dunia finansial dan penipuan yang meningkat membuat mendesak permintaan akan pelayanan verifikasi.

Selain pemerintahan, banyak perusahaan seperti identifai.id yang siap membantu para penjual dan pembeli online untuk mendorong evolusi teknologi verifikasi identitas, pemeriksaan latar belakang, dan keaslian dokumen penting. Hal ini dapat banyak membantu penjual beli online bertransaksi lebih nyaman dan aman.  Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat berdiskusi dengan para ahlinya dengan  mengunjungi di tautan berikut ini https://www.identifai.id/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *