Minggu lalu, Toyota memperkenalkan C-Plus Pod, sebuah mobil mini dengan sumber tenaga listrik yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi per orang.

Kendaraan yang mirip seperti kereta golf ini hanya dapat menampung dua orang dan sangat kecil. Terlepas dari dimensinya yang kecil, kendaraan ini memiliki misi besar untuk membantu memperluas daya tarik kendaraan yang dioperasikan dengan baterai, khususnya di Jepang.

Mobil ini ditujukan untuk penggunaan jarak pendek sehari-hari, dan tidak cocok untuk penggunaan jarak jauh.

C-Plus Pod memiliki panjang sekitar 98 inci (2,4 meter), lebar 51 inci (1,3 meter), dan tinggi 61 inci (1,5 meter) dengan radius putar kurang dari 13 kaki (kurang lebih 4 meter), dan beratnya sekitar 1.500 pon (sekitar 680 kg).

Baca juga: Daftar Lengkap Ponsel yang Tak Bisa Akses WhatsApp di 2021

Dengan bobot yang lebih ringan dan kemungkinan besar proses produksinya lebih mudah dan lebih murah. Panel bodi kendaraan ini terbuat dari plastik dengan lima skema warna dual tone yang berbeda. Penerangan yang digunakan pada lampu depan dan lampu belakang adalah LED.

Foto: Toyota

Toyota menyediakan satu motor listrik dengan magnet permanen yang dipasangkan dengan paket baterai lithium-ion 9,1 kWh yang dipasang di bawah lantai kendaraan. Tata letak tersebut menyediakan daerah lantai yang rendah dan rata. Kecepatan tertinggi C-Plus Pod hanya mencapai 60 km/jam.

Dengan kecepatan yang rendah dan paket baterai berukuran sedang, Toyota memperkiraan jarak jelajah dengan menggunakan C-Plus hanya sampai 150 kilometer pada siklus uji Worldwide Harmonized Light Vehicle.

Daya C-Plus Pod dapat diisi ulang di dealer Toyota yang memiliki pengisi daya G-Station, meskipun pengguna juga bisa mengisi ulang dayanya di lokasi lain. 

Baca juga: Ini Jadwal Tiba Vaksin Covid-19 di RI & Waktu Vaksinasinya

C-Plus Pod juga dapat berfungsi sebagai generator portabel untuk digunakan selama pemadaman listrik atau bencana alam, menghasilkan daya hingga 1.500 Watt yang dapat memasok listrik hingga 10 jam tanpa ada masalah.

Meski terlihat tidak terlalu kokoh, Toyota C-Plus Pod memenuhi standar keamanan untuk kendaraan mini. Kendaraan tersebut juga dilengkapi dengan sistem yang dapat mendeteksi kendaraan lain, pejalan kaki, dan pengendara sepeda untuk menghindari tabrakan dan dilengkapi juga dengan sensor parkir.

Foto: Toyota

Toyota akan membangun mesin kecil ini di Pabrik Motomachi pembuat mobil di Jepang.

Awalnya, kendaraan ini akan ditawarkan kepada pelanggan terpilih termasuk perusahaan, pemerintah daerah dan organisasi lain. Ketersediaan unit yang lebih luas untuk pelanggan perorangan baru bisa disediakan pada tahun 2022.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *