Foto: Data Warden

Teknologi.id – Handphone atau yang biasa disingkat HP rentan terkena serangan peretasan dari para hackers. Peretasannya bisa melalui malware, spyware, dan aplikasi atau link lain yang mencurigakan.

Peretasan suatu perangkat elektronik seperti HP bertujuan untuk mengambil data si penggunanya untuk hal yang tidak baik. Hackers tidak memandang ‘mangsanya’, HP siapapun dapat diretas kapan saja.

HP yang diretas dapat menunjukkan tanda yang aneh dan tidak biasa. Oleh karenanya, kamu harus waspada jika HP kamu mengalami tanda-tanda tersebut.

Apa saja tanda-tandanya? Berikut Teknologi.id jelaskan 5 tanda kalau HP kamu diretas. Simak artikel di bawah ini!

1. Muncul Iklan Pop-up Misterius

Foto: Gadgets To Use

Tidak semua iklan pop-up yang muncul merupakan tanda kalau HP kamu diretas. Namun, jika pop-up terus saja datang dapat menjadi pertanda bahwa ada adware di HP kamu. Adware adalah salah satu bentuk dari malware yang mengarahkan HP untuk membuka suatu laman tertentu.

2. Baterai Tiba-tiba Berkurang Drastis

Foto: Positive Jar

Kalau kamu sedang menggunakan aplikasi yang memakan daya baterai tinggi atau memang baterai kamu sedang bermasalah, itu hal yang wajar. Tetapi bila baterai HP kamu berkurang drastis saat kamu menggunakan aplikasi ringan, ini bisa jadi pertanda kalau HP kamu sedang diretas.

Hal ini dikarenakan adanya malware atau spyware yang dapat memindai HP kamu dan mengirimkan data-datanya ke server para peretas.

3. Telepon atau Pesan dari Nomor Internasional yang Mencurigakan

Foto: Michelle Leigh Writes

Waspada jika HP kamu pernah ditelpon atau menerima pesan dari nomor internasional yang tidak dikenal. Jangan pernah angkat telepon atau membalas pesan tersebut, karena mungkin saja itu adalah malware yang ingin menyusup ke HP kamu.

Cek semua e-wallet atau apapun yang berhubungan dengan keuangan di HP kamu. Pastikan pulsa, uang di m-banking, atau e-wallet lainnya tidak berkurang.

Baca Juga: Diretas Hacker Rusia, Ini Kelemahan Microsoft Office 365

4. Konsumsi Data Seluler yang Tinggi

Foto: Android Authority

HP yang diretas bisa ditandai dengan konsumsi data seluler yang luar biasa tinggi. Jika kamu memakai data seluler tidak seperti biasanya, hal ini patut dicurigai. 

Pemakaian data seluler yang luar biasa tinggi ini berasal dari malware atau spyware yang berjalan di HP kamu dan sedang mengirimkan data-datanya kembali ke servernya.

5. Aktivitas HP yang Tidak Normal

Foto: Unsplash

Aktivitas ini mulai dari email hingga media sosial seperti adanya email pengaturan ulang kata sandi, akun didaftarkan ke suatu jaringan, adanya pengiriman email tiba-tiba, dan lain-lain. Hal ini menandakan hacker sudah masuk ke HP kamu dan bisa mengakses semua akun dan aplikasi yang ada di dalamnya.

Itu dia 5 tanda HP kamu diretas. Apa HP kamu pernah menunjukkan tanda-tanda di atas? Selalu berhati-hati ya!

Baca Juga: Kementerian Keuangan AS Diretas oleh Hacker Asal Rusia

(rh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *