Kekurangan sel darah merah yang sehat dapat menyebabkan anemia, penyakit yang memiliki gejala yang seringkali diabaikan: pusing, lemas, sakit kepala, atau rasa lelah.

Aplikasi seluler baru bernama AnemoCheck dapat memberi tahu penggunanya jika mereka menderita anemia hanya dengan melihat kuku.

Teknologi ini mendeteksi kemerahan pada dasar kuku sebagai barometer untuk kadar hemoglobin. Sebuah studi yang dipublikasikan di Nature menyimpulkan bahwa tes tersebut cukup akurat dan sensitif dan bisa digunakan sebagai metode skrining.

Baca juga: Jepang Dikabarkan Sedang Kembangkan Satelit dari Kayu

Erika Tyburski, pendiri Sanguina, perusahaan di balik aplikasi AnemoCheck, mengatakan bahwa tes ini sekitar 10% kurang efektif dibandingkan tes darah.

Secara khusus, anemia dapat menjadi masalah bagi wanita usia subur. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 6,9% dari wanita usia subur memiliki kadar hemoglobin rendah yang terkait dengan kondisi tersebut. Di seluruh dunia, 1,6 miliar orang menderita anemia.

Foto: Sanguina

Salah satu penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi, meskipun kekurangan vitamin esensial lainnya juga dapat menyebabkan anemia. Jika anemia belum parah, biasanya gejalanya tidak terlalu terlihat, mengurangi akurasi identifikasi.

Tyburski mengatakan bahwa tujuannya adalah membuat skrining anemia yang dapat diakses dengan mudah. Biasanya anemia hanya dapat didiagnosis dengan pengambilan darah.

Baca juga: Telepon Musk-Jokowi Juga Menyoal Energy Storage System di RI

Meskipun aplikasi tidak dapat mendeteksi dengan pasti apakah seseorang menderita anemia atau tidak, aplikasi ini dapat membantu pasien dan dokter untuk mengetahui apakah diperlukan tes anemia.

Foto: Sanguina

Alat ini ditujukan untuk menjangkau pasien yang mengira-ngira apakah mereka menderita anemia, dan mereka yang kondisinya merupakan masalah berulang. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk orang-orang yang ingin mengukur kesehatan diri sendiri.

Tyburski ingin meluncurkan alat tambahan bagi mereka yang rentan terhadap anemia, seperti tes darah dengan cara menusuk bagian kecil pada jari yang bisa dilakukan di rumah dengan hasil yang lebih akurat untuk menentukan kadar hemoglobin.

AnemoCheck sekarang tersedia di Google Play store, versi iOS-nya akan hadir pada App Store Apple dalam beberapa waktu mendatang. Aplikasi bisa diunduh dengan gratis, dengan tes tersedia secara individual atau paket dan bisa dibeli lewat aplikasi tersebut. Satu pak berisi 12 tes seharga USD 10.

(im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *