Foto: Google

Teknologi.id – Tahun 2021 kita semua masih menjalankan aktivitas di rumah. Walau begitu, kamu tidak perlu bersedih karena tidak bisa kemana-mana. Kamu bisa menghabiskan waktu luangmu di rumah dengan menonton Netflix. 

Dengan berbagai tayangan yang disediakan oleh Netflix, platform tersebut memang menjadi salah satu layanan yang paling dikenali dunia saat ini. Namun, terkadang menavigasi katalog Netflix terasa membingungkan. 

Para pengguna kadang menemukan beberapa film tidak dapat diputar di negaranya. Bagi para pengguna Netflix yang belum tahu, ada sejumlah trik yang dapat dimanfaatkan dalam menonton sebuah tayangan. Menurut Kapersky, ada 3 life hack atau trik yang dapat kamu coba dalam menonton Netflix.

Mau tau apa saja triknya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Temukan kategori konten tersembunyi

Netflix memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian konten berdasarkan judul, pemeran, genre, dan lain sebagainya. Jika mencarinya lewat judul film dan nama aktor, maka hal itu cukup mudah. Kalau genre, jumlah kategori dan subkategori yang banyak, dapat membingungkan penggunanya.

Foto: Google

Oleh sebab itu, cara mengatasi masalah pencarian berdasarkan genre, para pengguna dapat menyusun daftar kode kategori Netflix. Kode dilampirkan ke URL yang mengarahkan pengguna ke koleksi acara dan film dari genre dan subgenre yang berkaitan.

Untuk membuka koleksi tertentu, cukup ketik https://www.netflix.com/browse/genre/#### di bilah alamat browser, ganti #### dengan kode kategori.

2. Cara nobar virtual

Karena pandemi COVID-19 dan interaksi sosial yang terbatas, berkumpul secara fisik untuk nonton bersama teman sulit untuk dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan platform pertemuan online dan mencoba nonton bareng.

Akan tetapi, hambatan koneksi tentu bisa saja terjadi karena jaringan internet yang dimiliki masing-masing orang berbeda, sehingga akan sulit untuk berinteraksi.

Masalah sinkronisasi jarak jauh ini memunculkan ide Teleparty , yaitu plugin gratis untuk Google Chrome. Dengan aplikasi ini, kalian bisa nonton bareng film dan acara TV favorit bukan hanya di Netflix, tetapi juga di Disney+, Hulu, atau HBO.

Foto: Google

Platform ini juga dilengkapi fitur obrolan untuk mendiskusikannya. Salah satu hambatan Teleparty adalah ia tidak mampu untuk membiarkan pengguna berbagi satu akun, seperti yang dilakukan orang-orang selama berkumpul langsung.

Untuk sesi jarak jauh, setiap pengguna membutuhkan akun mereka sendiri untuk menonton siaran yang sama. Cukup pilih video yang diinginkan, buka plugin, lalu gunakan untuk membuat tautan, kirim tautan tersebut ke teman-teman kalian, dan mulai menonton. Voila! Kalian bisa nonton bareng secara virtual deh!

3. Cari rekomendasi film berdasarkan mood

Netflix juga memungkinkan pengguna membuat beberapa profil dalam satu akun, misalnya, untuk anggota keluarga. Fitur ini juga dapat berguna bagi para pengguna yang hanya ingin memaksimalkan sistem rekomendasi Netflix.

Foto: Google

Hal itu diinginkan karena layanan akan mempelajari preferensi penggunanya dari riwayat penayangan, suka dan tidak suka, serta interaksi lain dengan user interface.

Bagaimana kalau ingin rekomendasi film atau serial TV yang ditampilkan bergantung pada mood? Misalnya, pada sore hari yang mendung, pengguna mungkin dalam mood untuk menonton tayangan bergenre sedih. Tanpa konteks atau akses menebak mood kita, Netflix hanya bisa memperkirakan saja.

Baca juga: Tayangan Baru Netflix pada Januari 2021

Kalian bisa gunakan profil untuk menyampaikan berbagai minat di Netflix. Buatlah beberapa dan gunakan sebagai playlist, seperti misalnya: “film lucu”, “drama korea”, “tontonan bersama teman”, dan sebagainya. Selain itu, kalian juga bisa mengatur profil terpisah untuk film yang ingin dirahasiakan, tanpa diketahui oleh publik.

Nah, itu dia 3 trik atau life hack di Netflix yang dapat kamu coba. Selamat menonton!

(bal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *