Apakah kamu sering melihat centang biru tertera di sebelah nama akun tertentu di Instagram? Centang biru tersebut menandakan jika akun Instagram tersebut adalah akun asli telah terverifikasi (verified) sehingga dapat dibedakan dari akun bodong. 

Baca Juga: 3 Game Buatan Anak Bangsa Dikabarkan Rilis Tahun Ini

Biasanya, akun yang mendapatkan centang biru tersebut adalah akun dengan followers banyak, selebriti, selebgram, brand, atau orang-orang penting. Nah, jika kamu adalah selebgram atau followers di akun Instagram-mu sangat banyak, kamu bisa mengajukan badge verifikasi. 

Sebelum mengajukan badge verifikasi, ada kriteria akun yang harus dipenuhi selain memenuhi Terms of Service and Community Guidelines dari Instagram. Dikutip dari Hoot Suite, di bawah ini adalah kriteria yang harus kamu penuhi untuk bisa mendapatkan badge verifikasi:

  • Authentic: akun Instagram ini dimiliki perseorangan (personal) atau mewakili sebuah brand. Jika hanya berupa fans account atau meme page, maka tidak bisa mendapatkan centang biru
  • Unique: centang biru hanya bisa didapatkan oleh satu akun per bisnis atau per personal 
  • Public: pastikan akun tersebut diatur agar bisa dilihat publik, karena jika dibuat private maka tidak bisa masuk kualifikasi untuk verifikasi
  • Complete: tertera bio di bagian atas akun, ada foto profil, dan setidaknya sudah berisi satu unggahan
  • Notable: syarat ini cukup subjektif, karena Instagram sendirilah akan menandakan orang yang sangat dikenal dan sering dicari.

Nah, setelah kriteria di atas dipastikan terpenuhi, kamu bisa mengajukan verifikasi. Caranya cukup sederhana, seperti tertera di bawah ini.

  • Masuk ke akun Instagram yang kamu punya, lalu buka laman profil

  • Selanjutnya, masuk ke ‘Settings’
  • Pilih ‘Account’
  • Lalu, klik ‘Request Verification’

Setelahnya, kamu akan diminta untuk melengkapi data diri dan mengunggah identitas pribadi. Lalu, jika akunmu diterima untuk diverifikasi, sebuah notifikasi seperti gambar di bawah akan muncul:

Foto: Hoot Suite

Baca Juga: Lebih dari 125 Ribu Data Pribadi Mahasiswa UNDIP Bocor

Jika verifikasi ditolak, notifikasi seperti ini akan muncul:

Foto: Hoot Suite

Selamat mencoba!

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *