Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksinasi COVID-19 akan dimulai pada Rabu 13 Januari 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran menteri kabinet Indonesia Maju akan jadi penerima vaksin pertama.

Hal ini diungkapkan Menkes Budi dalam rapat Koordinasi Kesiapan Vaksin Covid-19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021).

“Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/1/2021) di Jakarta oleh Bapak Presiden,” kata Menkes Budi.

Baca juga: Orang-orang Ini Tidak Boleh Disuntik Vaksin Sinovac

Prosesnya bakal disiarkan secara live sehingga masyarakat bisa menyaksikan. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan  mekanisme vaksinasi kepada Jokowi akan dibahas pada Jumat (8/1/2021) pekan ini.

“Iya (Rabu) 13 Januari, Presiden Jokowi suntik vaksin) dan tata cara prosesnya akan dibahas pada Jumat ini,” ujar Heru saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/1/2021).

Heru mengatakan proses vaksinasi perdana akan disiarkan langsung di berbagai media. Langkah ini ditempuh untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin aman digunakan.

Baca juga: Jangan Langsung Pulang Usai Divaksin COVID-19, Ini Alasannya

“Iya, biar masyarakat bisa lihat langsung. (Agar bisa) memberikan semangat bisa dilanjutkan ke daerah daerah juga. Minimal provinsi kota kota besar juga ikut melanjutkan,” katanya.

Meski begitu, pemerintah belum menetapkan daftar nama penerima vaksin perdana selain Jokowi dan anggota kabinet. Daftar baru akan ditetapkan pada akhir pekan ini.”Hari Jumat kita bahas siapa saja dari perwakilan masyarakat dan TNI,” tuturnya.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *