Para dokter di Eropa dan Israel telah mulai menggunakan senjata medis yang mengeluarkan jaring pelindung untuk menutupi luka bakar dan luka biasa. Diharapkan “pengganti kulit” ini akan membantu pasien pulih tanpa perlu mengganti perban yang menyakitkan.

Nanomedic, perusahaan Israel yang merancang sistem Spincare, mengklaim perangkatnya memberi pasien peningkatan mobilitas – seringkali penting untuk rehabilitasi luka bakar – dan mampu untuk mandi, sebuah proses yang mungkin sulit dilakukan dengan perban tradisional.

Lapisan tembus cahaya yang dihasilkannya memungkinkan petugas medis memeriksa luka tanpa menyentuhnya, kata perusahaan itu.

Rob Lyon, direktur pelaksana distributor Spincare yang berbasis di Inggris, mengatakan luka bakar bisa sangat menyakitkan, membuat penggunaan perban akan menyiksa.

Foto: Inceptive Minds

Perusahaannya Lyon, yaitu Regen Medical, dikhususkan pada produk luka bakar dan penyembuhan luka. Jaring pelindung, kata Lyon, “meniru kulit”, yang memungkinkan pasien untuk bergerak lebih mudah.

Electrospinning, teknik yang digunakan perangkat, melibatkan penggunaan listrik untuk membuat serat nano dari suatu larutan, dan telah digunakan selama bertahun-tahun, termasuk di bidang medis.

Nanomedic mengatakan perangkatnya, bagaimanapun, jauh lebih kecil daripada mesin electrospinning besar yang tersedia sebelumnya, yang berarti dapat dibawa ke samping tempat tidur pasien.

Gary J Sagiv, wakil presiden pemasaran dan penjualan perusahaan, mengatakan rumah sakit di Jerman dan Swiss telah menggunakan produk tersebut untuk luka di wajah, di mana perban besar bisa memberatkan.

Yang lain, katanya, telah menerapkannya pada luka pada penderita diabetes, yang dapat mengembangkan luka kaki kronis sehingga dapat menyebabkan amputasi.

Baca juga: Vaksin Sinovac Telah Disebar ke 32 Provinsi, Ini Daftarnya

Sagiv mengklaim Spincare hemat biaya untuk rumah sakit dibandingkan dengan perban perawatan luka canggih lainnya.

Baljit Dheansa, seorang dokter di Inggris yang mengkhususkan diri pada luka bakar dan jaringan parut, mengatakan dia telah menggunakan Spincare pada lima pasien di rumah sakit Queen Victoria di Sussex, dengan hasil positif pada luka bakar yang dangkal.

“Anda memiliki benda putih halus yang cukup kuat dan tampaknya mampu mengatasi banyak hal,” katanya.

Dengan luka bakar yang dalam, itu kurang efektif, katanya, tetapi mengklarifikasi bahwa Nanomedic tidak mengklaim Spincare akan berguna untuk luka bakar yang dalam.

Baca juga : Isu Merger Gojek dan Tokopedia Kembali Berhembus

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *