USA-ELECTION/PROTESTS

Pendukung Donald Trump berunjuk rasa di Ibu Kota Amerika Serikat, Washington. Mereka menyerbu Gedung Capitol hingga menyebabkan rapat pengesahan Joe Biden sebagai presiden dihentikan.

Sejumlah laporan CNN, Reuters hingga Washington Post menyebutkan bahwa sebagian dari para demonstran itu membawa senjata dan seorang perempuan tertembak.

Sebelumnya, Trump meminta Wakil Presiden Mike Pence yang memimpin rapat Sidang Kongres untuk menghentikan proses pengesahan Biden sebagai presiden. “Jika Wakil Presiden Pence melakukannya, kita akan memenangkan pemilu, ” cuit Trump melalui akun Twitternya, Rabu (6/1).

Namun, Pence menolak perintah itu karena tugasnya dalam sidang Kongres sebatas administratif. Pence bahkan meminta para pendukung Trump untuk meninggalkan Gedung Capitol dan menghentikan kekerasan. “Serangan terhadap Capitol kita tak akan dibiarkan dan mereka yang terlibat akan ditindak sesuai dengan hukum, ” kata Pence, juga melalui Twitter.

Pengesahan hasil pemilu di Kongres ini merupakan tahapan akhir sebelum Biden dan wakilnya Kamala Harris dilantik pada 20 Januari 2021.

Bagaimanapun, karena Gedung Capitol sempat diduduki …

Selengkapnya : Pendukung Trump Serbu Washington, Penetapan Kemenangan Biden Ditunda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *