AMD dilaporkan baru saja mengungguli Intel dalam pangsa pasar (market share) prosesor (CPU) desktop untuk pertama kalinya dalam 15 tahun berkat kekuatan prosesor seri Ryzen, yang pertama kali dirilis pada tahun 2017.

Berdasarkan laporan terbaru dari firma benchmarking, PassMark, pangsa pasar AMD disebut lebih unggul 1,6 persen di atas Intel.

Hasil riset PassMark di Q1 2021 menunjukan AMD berhasil mendominasi dengan persentase 50,8 persen pangsa pasar prosesor desktop global. Sementara Intel hanya menguasai 49,2 persen.

Baca juga: Begini Cara Dapatkan Centang Biru di Akun Instagram

Meski begitu, Intel masih memegang dominasi di pangsa pasar prosesor laptop. Intel tercatat mendominasi 83,7 persen sementara AMD hanya 16,3 persen. Kemudian di pangsa pasar prosesor untuk kebutuhan server Intel menguasai 98,6 persen.

Beberapa tahun belakangan Intel terus mengalami kendala di proses produksi yang membuatnya tertinggal dari AMD

Saat ini, prosesor seri Ryzen besutan AMD sendiri sudah dimanufaktur menggunakan fabrikasi 7nm. Contohnya keluarga Ryzen 5000 terbaru yang dibuat menggunakan arsitektur anyar, Zen 3. Sedangkan prosesor tercanggih Intel dari keluarga Tiger Lake, masih dibuat dengan fabrikasi 10nm.

Sebagai informasi, besaran angka fabrikasi ini berpengaruh dalam jumlah transistor yang bisa ditampung, yang berpengaruh juga pada performa. Jadi, makin kecil angka fabrikasi, maka semakin banyak jumlah transistor yang bisa dijejalkan. 

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *