Cloud, asisten digital, smartphone, dan e-commerce merupakan hal-hal yang tidak asing bagi masyarakat di era digital ini. Tentunya bagi orang-orang yang lahir dan tumbuh besar sebelum era ini masih mencoba untuk belajar tentang perubahan-perubahan yang terjadi.

Karena bagi mereka, teknologi dan inovasi baru secara online bahkan tidak terpikirkan di beberapa decade lalu. Tetapi ada beberapa dari mereka yang meramal majunya teknologi-teknologi baru tersebut. Mereka bahkan adalah pelopor dari kemajuan tersebut.

Beberapa di antaranya adalah Bill Gates yang merupakan salah satu pendiri Microsoft, Jeff Bezos yang merupakan pendiri serta CEO Amazon, dan Steve Jobs yang merupakan salah satu pendiri Apple.

Berikut adalah prediksi dari ketiga visioner tersebut.

Baca juga : Snapdragon 480 Meluncur, Chipset 5G Murah dari Qualcomm

Bill Gates

Sumber: Liputan6.com

Pada tahun 1999, Bill Gates mengatakan dalam bukunya yang berjudul “Business @ the Speed of Thought” kalau suatu saat kita bisa merekam video di rumah masing-masing. Dan itu dapat memberitahu kita kalau ada seseorang berkunjung walaupun kita tidak sedang berada di rumah.

Prediksi tersebut menjadi kenyataan karena saat ini ada kamera bel pintu Ring Amazon dan berbagai macam CCTV, sehingga bisa melihat siapa yang datang ke rumah kita.

Di dalam buku yang sama, Bill Gates meramal akan ada perangkat yang di dalamnya terdapat iklan pintar. Iklan tersebut akan mengetahui tren pembelian dan akan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan preferensi.

Dan saat ini banyak orang-orang yang percaya kalau Facebook serta Instagram ‘mendengar’ masyarakat melalui smartphone masing-masing, sehingga muncul iklan-iklan di aplikasi tersebut sesuai dari yang kita ucapkan.

Kemudian di buku tersebut dia juga memprediksi orang-orang dapat mencari pekerjaan secara online dengan menyatakan minat, kebutuhan, dan keterampilan khusus mereka. Empat tahun setelah prediksi tersebut, LinkedIn diluncurkan di tahun 2003.

Jeff Bezos

Sumber: Time Magazine

Pada tahun 1999, Jeff Bezos mengatakan kepada Wired kalau Amazon bukan lah kompetitor Barnes & Noble, karena Amazon mencoba menciptakan masa depan e-commerce, sehingga keduanya berada di jalur yang berbeda.

Saat ini Amazon adalah pasar elektronik yang kuat dengan penawaran bukan hanya buku, tetapi juga perangkat keras, streaming video dan musik, logistik, serta hal-hal lainnya.

Di tahun yang sama, Jeff Bezos dalam wawancara dengan Wired tentang tahun 2020, dia mengatakan kalau barang-barang yang dibeli di toko seperti produk makanan, perlengkapan pembersih, dan sejenisnya dapat dipesan secara elektronik.

Amazon Prime Pantry diluncurkan pada tahun 2014, yang menawarkan bahan makanan berharga murah dan kebutuhan rumah tangga, dari deterjen hingga sampo. Bukan hanya Amazon Prime Pantry, tetapi ada banyak juga jenis aplikasi belanja online.

Dia juga memberi tahu Charlie Rose kalau dia percaya akan ada banyak hal yang kecil yang nanti terhubung dengan internet yang dapat mengendalikan beberapa perangkat rumah.

Dan saat ini sudah banyak rumah dilayani oleh perangkat bernama Alexa, dari speaker hingga sistem keamanan rumah.

Steve Jobs

Sumber: Inc. Magazine

Pada tahun 1984, Steve Jobs mengatakan kepada Majalah Newsweek’s Access bahwa tahap selanjutnya dari komputer akan ada seolah-olah orang kecil di dalam kotak yang mengantisipasi apa yang diinginkan sang pengguna.

Tahun 2007, iPhone dirilis dan asisten digital iOS yang kita ketahui yaitu Siri, diluncurkan pada tahun 2010.

Kemudian di tahun 1996, Steve Jobs mengatakan ke Wired bahwa showroom kendaraan tidak perlu memajang banyak mobil karena pembeli dapat membilnya melalui online. Di tahun 2008, Tesla membuka showroom pertamanya di Los Angeles dan hanya menampilkan sedikit mobil. Pembeli dapat memesan kendaraan melalui pramuniaga atau secara online.

Dia juga mengatakan kalau selama ini dia menyimpan data dan dokumen dengan mengirim email ke dirinya sendiri. Hal tersebut merupakan penyimpanan miliknya. Dan di tahun 2011 Apple meluncurkan iCloud. Ada juga penyimpanan seperti Google Drive serta Dropbox.

Baca juga : WhatsApp Perkenalkan Aturan Privasi Baru, Ini Perubahannya

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *