Jepang yang dikenal dengan julukan Negara Matahari Terbit tidak hanya terkenal dengan perkembangan teknologinya yang kian pesat saja, namun terdapat sisi lain yang tidak kalah menakjubkan.

Bahasa dan budaya, Jepang memiliki kekayaan bahasa dan budaya yang menarik untuk dibahas dan dipelajari. Bagi para pecinta One Piece, Naruto, dan berbagai film animasi terkenal lainnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan budaya dan bahasa Jepang.

Menjadi bahasa terbesar ke-9 di dunia dengan jumlah 127 juta penutur, bahasa Jepang tidak luput dari incaran para pembelajar bahasa asing untuk dapat menguasai dan mempelajari bahasa tersebut. Inilah beberapa aplikasi dan situs yang dapat memudahkan kalian untuk mempelajari bahasa dan budaya Jepang.

Baca juga: WhatsApp Klarifikasi Kebijakan Berbagi Data dengan Facebook

Aplikasi dan Website untuk Belajar Bahasa Jepang

1. Hiragana Memory Hint

Aplikasi yang satu ini cocok sekali bagi pembelajar pemula yang ingin belajar cara menulis hiragana, salah satu huruf yang digunakan dalam Bahasa Jepang.

Dalam aplikasi ini terdapat 2 fitur utama yaitu Belajar Lewat Ilustrasi dan Kuis. Dalam fitur Belajar Lewat Ilustrasi kita dapat belajar menulis hiragana dengan memperhatikan langkah penulisannya. Melalui audio yang bisa didengar, kita bisa mengetahui cara pelafalan masing-masing huruf.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan gambar mnemonik yang memudahkan kita dalam menghafal huruf dengan memperhatikan ilustrasinya. Fitur kuis yang melengkapi aplikasi ini dapat mengukur kemampuan kita setelah mempelajari huruf melalui fitur Belajar Lewat Ilustrasi. 

2. Japanese Dictionary Takoboto

Kamus menjadi salah satu komponen penting dalam mempelajari suatu bahasa. Tidak seperti jaman dulu yang mengharuskan kita memiliki kamus tebal beratus-ratus halaman ketika ingin belajar bahasa, saat ini telah tersedia banyak kamus online yang dapat kita gunakan di mana saja.

Salah satunya adalah Japanese Dictionary Takoboto, kamus tersebut merupakan kamus kosakata Bahasa Jepang dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstall di smartphone kita.

Melalui aplikasi ini kita dapat mencari kosakata dalam Bahasa Jepang ke Bahasa Inggris maupun sebaliknya dengan menggunakan huruf alfabet, huruf hiragana, katakana, maupun langsung dengan huruf kanji. Dalam aplikasi ini kita juga dapat mempelajari langkah penulisan kanji berdasarkan kosakata yang kita cari dan melihat contoh penggunaan kalimatnya.

Baca Juga : Pertanian Vertikal Berteknologi AI Atasi Solusi Krisis Lahan

3. Kanji Study

Lain dengan Japanese Dictionary Takoboto yang merupakan kamus untuk mencari kosakata yang kita inginkan, Kanji Study dapat dikatakan sebagai aplikasi kamus kanji yang bisa memudahkan kita untuk mempelajari kanji dan mencari kanji yang inginkan.

Setiap kanji yang terdapat dalam aplikasi ini, dijelaskan secara rinci cara penulisannya, cara membaca, contoh kosata yang berkaitan, serta dilengkapi dengan audio pada setiap contoh kosakatanya. Pembelajaran kanji dalam aplikasi ini terbagi menjadi beberapa level dari Beginner yang setara dengan N5 sampai dengan level Expert yang setara dengan N1. 

4. Matcha Japan Travel Web Magazine

Belajar Bahasa Jepang online via Matcha

Belajar budaya dan Bahasa Jepang tidak hanya sebatas melalui aplikasi saja, namun kita bisa memanfaatkan situs-situs web sebagai sumber belajar. Salah satu situs web untuk belajar Bahasa Jepang yang dapat diakses dengan berbagai bahasa salah satunya dengan Bahasa Indonesia adalah situs Matcha.

Matcha Japan Travel Web Magazine merupakan majalah online yang menyajikan informasi bagi wisatawan mancanegara. Matcha tidak hanya membahas seputar wisata di sekitar Tokyo saja, namun di berbagai wilayah Jepang lainnya. Tidak hanya informasi yang berkaitan dengan wisata, namun Matcha juga menyuguhkan berbagai macam informasi untuk mengenalkan budaya Jepang dengan konten yang menarik dan up to date. 

Baca Juga : 6 Pengusaha Teknologi Indonesia yang Bersekolah di Harvard

5. Nihongo eな (Nihongo Ena)

Nihongo Ena merupakan portal e-Learning Bahasa Jepang terlengkap yang menyediakan berbagai situs yang bisa kita akses untuk mempelajari Bahasa Jepang. Dalam portal ini terdapat berbagai macam kategori seperti Reading, Listening, Grammar, Kana, Writing, Speaking, Kanji, Vocabulary dan kategori lainnya. Dengan memilih salah satu kategori yang ada kita bisa langsung diantarkan ke berbagai pilihan situs untuk mempelajari kategori yang kita pilih sebelumnya. Portal ini dapat diakses menggunakan bahasa Inggris sehingga memudahkan kita sebagai pemula untuk belajar dengan mudah.

(dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *