Pada tahun 2020, misi-misi yang dilakukan ke luar angkasa sudah banyak terjadi. Seperti peluncuran roket SpaceX milik Elon Musk yang berhasil mengirim astronaut NASA dua kali ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kemudian ada juga misi Cina ke bulan untuk mengambil sampel dari bebatuan satelit Bumi tersebut. Ini merupakan yang pertama setelah beberapa dekade sejak AS dan Uni Soviet.

Tahun 2021, ambisi untuk mengeksplorasi luar angkasa pun semakin meningkat setelah keberhasilan-keberhasilan tersebut. Sampai saat ini ada lima misi yang akan dilakukan jika tidak terjadi kendala.

Yuk, disimak apa saja misi luar angkasa yang akan dilakukan pada tahun 2021.

Baca juga : Sensor Kamera 200MP Samsung Bakal Diumumkan Tahun Ini?

5 Misi Luar Angkasa untuk Tahun 2021

1. Teleskop luar angkasa James Webb

Sumber: The Guardian

Teleskop NASA ini akan menggantikan Hubble. Teleskop ini telah mengalami banyak penundaan, seperti peluncuran pertamanya direncanakan dilakukan pada tahun 2007, tetapi tidak terjadi.

Penerbangan pada Maret 2020 ditunda karena pandemi Covid, sementara anggaran awal $ 500 juta telah meningkat menjadi lebih dari $ 10 miliar. Ini adalah teleskop yang lebih sensitif daripada Hubble dan setelah beroperasi, ia akan dapat mengamati pembentukan beberapa galaksi pertama.

Teleskop luar angkasa James Webb akan diluncurkan dengan roket Eropa Ariane 5 pada 31 Oktober.

2. Misi Mars

Sumber: Euronews

Tiga misi yang telah diluncurkan akan mengalami pertemuan di Mars pada tahun 2021.

Pada 9 Februari, penyelidikan Hope UEA akan tiba dan mulai mengorbit planet merah itu untuk mempelajari atmosfer dan cuacanya. Beberapa hari kemudian, pengorbit Tianwen-1 Cina akan tiba untuk mencari lokasi pendaratan potensial sebelum menempatkan pendarat di permukaan beberapa bulan kemudian.

Juga di bulan Februari, NASA’s Mars 2020 akan bergabung dan merilis Perseverance pada tanggal 18 Februari, untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba dan mengebor batuan yang dapat dikembalikan ke Bumi untuk misi di masa depan.

3. Artemis 1

Sumber: Wikipedia

Tahun lalu, NASA mengumumkan rencana untuk membawa astronot kembali ke bulan pada 2024. Tahap pertama dalam program ini adalah mengirim pesawat tak berawak untuk mengorbit bulan yang akan diluncurkan pada November. Tetapi ada kemungkinan penundaan terjadi dan biaya program akan diteliti ulang oleh administrasi Biden.

Baca juga : Sony Umumkan Dua Speaker dengan 360 Reality Audio

4. Stasiun luar angkasa Cina

Sumber: The Guardian

Modul pertama dari proyek yang telah lama direncanakan ini akan diluncurkan pada paruh pertama tahun ini. Pembangunannya akan memakan waktu sekitar dua tahun dan 18 taikonaut (sebutan untuk astronaut Cina) telah dipilih untuk menjadi awak pesawat setelah berada di orbit sekitar 240 mil (380km) di atas Bumi.

5. Dart mission

Sumber: NASA

Pada bulan Juli, NASA akan memulai Tes Pengalihan Asteroid Ganda. Sebuah probe akan ditembakkan ke luar angkasa dengan tujuan mengunjungi asteroid Didymos pada tahun 2022; probe itu kemudian akan menabrak moonlet asteroid, Dimorphos. Dua pesawat Eropa akan memantau dampak dan pengaruhnya terhadap orbit batu.

Baca juga : Apa Sih Fungsi Tombol Fn di Keyboard Laptop atau PC?

(mm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *