Segala aspek kehidupan kita saat ini tidak dapat terpisahkan dari teknologi. Mulai dari bangun tidur, beraktifitas sehari-hari, bekerja hingga tidur kembali, kita selalu bersinggungan dengan teknologi.

Keterampilan dalam bidang teknologi sangat dibutuhkan dalam segala hal, salah satunya dalam bekerja. Keterampilan IT sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan kita, oleh karena itu sangat penting bagi seorang pekerja untuk memiliki salah satu atau beberapa keterampilan IT yang ada.

Keterampilan IT yang kita punya pun dapat menjadi poin plus dan pertimbangan dari para perekrut kerja ketika kita kan melamar sebuah pekerjaan. Sebelum terlambat, inilah beberapa keterampilan IT yang wajib dimiliki oleh fresh graduate sebelum melamar sebuah pekerjaan.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, 6 Fitur WhatsApp Ini Ternyata Berguna

4 Keterampilan Dasar IT yang Wajib Dimiliki oleh Fresh Graduate

1. Keterampilan Microsoft Office

Foto : Humbel

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft yang dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi dari Microsoft Office yang familiar dan sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita adalah, Word, Excel, dan PowerPoint.

Keterampilan untuk mengoperasikan ketiga aplikasi tersebut merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh para fresh graduate sebelum melamar sebuah pekerjaan. Dalam dunia kerja, banyak kegiatan yang dilakukan menggunakan aplikasi ini contohnya saja Microsoft PowePoint yang digunakan untuk membuat bahan presentasi, Microsoft Word yang digunakan untuk kegiatan surat-menyurat dan Microsoft Excel untuk mengolah data. 

2. Kemampuan Mengolah Data

Foto : Medium

Pengolahan data merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan saat ini seiring dengan perkembangan era komputasi. Melihat hal tersebut, kemampuan pengolahan data menjadi kemampuan penting yang wajib dimiliki oleh fresh graduate. Setidaknya ada dua aplikasi dasar yang perlu kalian pelajari dan kuasai untuk dapat menganalisa dan mengolah data berupa angka yang sangat berguna sebagai bekal skill untuk melamar sebuah pekerjaan.  

Aplikasi  yang sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari tersebut adalah Microsoft Excel dan Spreadsheet. Berbagai bidang pekerjaan membutuhkan kemampuan pengolahan data menggunakan aplikasi tersebut, misalnya saja akuntansi dan kesekretariatan.

Baca juga: Ini 10 Skill yang Paling Banyak Dicari di Dunia IT

3. Email

Foto : Mello

Dewasa ini, melamar pekerjaan via email sudah menjadi kebiasaanbaru bagi kita. Kegiatan dalam dunia pun kerja sering bersinggungan dengan email. Mulai dari berkomunikasi dengan rekan bisnis, mengirim file penting, hingga menjadi sarana publikasi sebuah perusahaan. Oleh karena itu kemampuan menulis email yang profesional sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi dunia kerja.

4. Desain Grafis

Foto : Rencanamu

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada era sekarang ini kita bisa mendapat dan bertukar informasi dengan mudah melalui internet. Informasi yang disajikan di internet diolah sedemikian rupa dengan visualisasi yang menarik supaya menarik minat pembaca.

Saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat promosi menarik dan menyediakan informasi dengan desain yang unik. Melihat hal tersebut, peluang bagi fresh graduate yang memiliki kemampuan desain grafis akan lebih dibutuhkan di era saat ini.

Oleh karena itu, perlu bagi para fresh graduate untuk memiliki skill desain grafis sebelum melamar sebuah pekerjaan. Skill desain menggunakan photoshop, web designer, dan video editing bisa menjadi salah satu hal yang patut untuk dipelajari oleh para fresh graduate.

Baca juga: 5 Situs untuk Memperbesar Ukuran Foto Tanpa Pecah

(dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *