Pandemi yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 menyisakan dampak yang beragam terhadap berbagai bidang kehidupan. Bidang ekonomi menjadi salah satu yang terdampak parah akibat pandemi ini.

Dampak dari kebijakan PSBB yang melumpuhkan aktivitas masyarakat menjadikan ekonomi semakin melemah. Namun, ditengah krisis ekonomi yang terjadi ini terdapat beberapa perusahaan teknologi yang mampu bertahan dan mendulang sukses akibat pandemi.

Perusahaan Teknologi Indonesia yang Sukses di Masa Pandemi

1. Tokopedia

Foto : Tokopedia

Bisnis e-commerce yang satu ini menjadi salah satu perusahaan teknologi yang meraup kesuksesan di tahun 2020. Seiring dengan diberlakukannya kebijakan PSBB yang membuat banyak pusat perbelanjaan tutup, Tokopedia justru mengalami perkembangan yang baik.

Hal ini dikarenakan para konsumen beralih belanja via online, salah satunya dengan menggunakan Tokopedia. Di masa pandemi marketplace satu ini bahkan memperoleh peningkatan penjual baru yang cukup drastis.

Baca Juga : Siswa SMK Ciptakan Rompi Anti COVID-19 Berteknologi AI

2. Bukalapak

Foto : Markeeters

Tidak hanya Tokopedia, Bukalapak yang juga merupakan salah satu e-commerce asal Indonesia pun mengalami peningkatan yang baik. Pandemi yang memunculkan kebiasaan baru untuk berbelanja via online, memberi dampak positif bagi perusahaan ini. 

Di tahun 2020 Bukalapak bahkan mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Tercatat bahwa perusahaan ini telah memiliki sebanyak 5.5 juta Mitra.

3. Halodoc

Foto : Halodoc

Perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani bidang telekonsultasi kesehatan ini juga mengalami sukses besar di tahun 2020. Jumlah pengguna aktif di aplikasi dan website ini mengalami kenaikan sekitar 20 juta pengguna.

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi seputar kesehatan dan berkonsultasi online dengan dokter, menjadikan Halodoc solusi yang tepat di kala pandemi.

4. Gojek

Foto : Lever

Meskipun beberapa layanan dari Gojek tidak bisa dinikmati secara maksimal pada saat awal pandemi dikarenakan kebijakan PSBB, namun dengan fitur lainnya Gojek mendapat kenaikan yang cukup baik.

Salah satu layanan Gojek yang mengalami peningkatan adalah Gomed. Selama Pandemi, Gomed mencacat peningkatan transaksi hingga 103%.

5. Telkom Indonesia

Foto : Telkom

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi serta jaringan telekomunikasi di Indonesia ini juga mengalami peningkatan yang baik.

Bersama dengan munculnya kebiasaan baru Work from Home dan School From Home, sektor telekomunikasi memang menjadi sektor yang kecipratan dampak baik dari adanya pandemi ini. Tercatat hingga akhir September 2020 Telkom berhasil meraup pendapatan sebesar Rp 99,9 triliun.

Baca Juga : Jadi Orang Terkaya, Elon Musk Bingung Cara Habiskan Uangnya

(dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *