Munculnya inovasi-inovasi baru di dunia digital atau teknologi Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran tokoh-tokoh kreatif yang berkarya dibelakangnya.

Banyak muda-mudi Indonesia yang sudah mendedikasikan dirinya dalam membuat terobosan baru kreatif yang patut diapresiasi. Tokoh-tokoh inilah yang berhasil menginspirasi anak bangsa lainnya untuk memaksimalkan potensi diri dengan karya yang membanggakan dan memajukan Indonesia.

Berikut adalah 10 tokoh kreatif Indonesia yang berkarya di berbagai bidang keahliannya.

1. Nadiem Makarim (Pendiri Gojek)

Foto : Tirto

Pendiri Gojek yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini telah membuat inovasi baru di Indonesia dalam bidang teknologi.

Berawal dari pengalaman pribadi Nadiem yang sering menggunakan jasa ojek, akhirnya pria lulusan Harvard University ini menciptakan Gojek sebagai jasa transportasi online yang memudahkan masyarakat. Menjadi salah satu perusahaan yang masuk ke daftar Top 10 Perusahaan Disruptor Dunia versi CNBC, secara tidak langsung Gojek telah berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. 

2. Belva Devara (Co Founder Ruangguru)

Foto : Dream

Belva Devara, pemuda dengan segudang prestasi yang menginspirasi ini pernah menjadi orang pertama yang mendapat beasiswa penuh pada pada program pascasarjana ganda di Harvard University dan Stanford University. 

Pendiri Ruangguru, sebuah platform pembelajaran online yang didirikan sejak tahun 2014 ini juga pernah menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. Perusahaan teknologi yang dibangunnya itu kini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dan mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran di Indonesia.

Baca Juga : Startup Edutech Indonesia Ini Mudahkan Belajar dari Rumah

3. Amanda Susanti (CEO & Co Founder Sayurbox)

Foto : CNBC Indonesia

Wanita kreatif satu ini merupakan pendiri Sayurbox, situs belanja online yang menjual sayur dan buah-buahan segar organik tanpa pestisida dari para petani lokal. Platform online yang sangat berjasa di masa pandemi ini didirikannya sejak 2016. Amanda mendirikan Sayurbox sebagai bentuk keprihatinannya terhadap perbedaan harga dari petani kepada para konsumen yang cukup tinggi. 

4. Wishnutama (Pendiri NET TV)

Foto: Katadata

Pria yang lahir di Jayapura, 14 Mei 1970 ini merupakan salah tokoh kreatif di bidang pertelevisian Indonesia. Ia mendirikan NET TV, yang menjadi stasiun televisi terbaik dengan tayangan yang berkualitas. Prestasi Wishnutama tidak hanya berhenti di situ saja, ia bahkan pernah menjadi pengarah kreatif di balik suksesnya pembukaan ASEAN GAMES 2018. Beralih dari industri TV, pada tahun 2019 Wishnutama berhasil dilantik presiden menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

5. Putri Tanjung (Pendiri dan CEO Creativepreneur)

Foto : SUN Education

Putri Tanjung yang juga merupakan Staf Khusus Presiden RI ini adalah salah satu tokoh kreatif di Indonesia. Ia merupakan pendiri Creativepreneur Event Creator, sebuah event organizer yang didirikan sejak tahun 2014. Belajar memulai bisnis sejak usia 15 tahun, ia telah banyak menginspirasi anak muda Indonesia dengan prestasi yang dimilikinya.

6. Ferry Unardi (Pendiri dan CEO Traveloka)

Foto : Generation T

Ferry Unardi adalah pendiri Traveloka, sebuah e-commerce penjualan tiket dan pesawat hotel yang sukses di Indonesia. Bersama dengan rekannya, pada tahun 2012 ia merintis Traveloka, hingga akhirnya kini telah menjadi perusahaan besar dan terkenal di Indonesia. Pria yang pernah berkuliah di Purdue University ini juga pernah bekerja di Microsoft, perusahaan perangkat lunak terkenal yang berbasis di Amerika. 

7. Ahmad Zaky (Pendiri dan CEO Bukalapak)

Foto : Ekrut

Ahmad Zaky telah menunjukan prestasinya sejak ia duduk di bangku kuliah. Ia bahkan pernah mendapat IPK 4.00 semasa kuliah di ITB. Setelah lulus kuliah, pada tahun 2016, ia mendirikan Bukalapak salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Berdirinya Bukalapak dilatarbelakangi dari keresahannya ingin menciptakan software yang bisa digunakan oleh para pengusaha kecil untuk menjual produk-produknya.

8. William Tanuwidjaya (Pendiri dan CEO Tokopedia)

Foto: Qubiz.net

Pendiri Tokopedia, salah satu perusahaan e-commerce yang berkembang pesat di Indonesia ini juga merupakan salah satu tokoh kreatif yang patut diapresiasi. Ide kreatif untuk mendirikan Tokopedia ini, didapat William sejak dirinya tergabung dalam forum jual beli online pada tahun 2007.

Dengan membawa motivasi untuk menyediakan platform online yang bisa melayani kebutuhan belanja masyarakat secara aman dan terpercaya ini, akhirnya pada tahun 2009 Willian berhasil merintis Tokopedia.

9. M. Alfatih Timur (Founder Kitabisa)

Foto : Buletin Indo

Tokoh yang satu ini merupakan tokoh kreatif dan inspiratif yang mendirikan Kitabisa.com, sebuah platform untuk penggalangan dana dan donasi secara online. Sebelum mendirikan platform yang berjasa membangun Indonesia ini, Alfatih Timur sudah aktif dalam kegiatan sosial sejak duduk di bangku kuliah.

Berbagai penggalangan dana yang telah dilakukan oleh platform ini sangat berjasa bagi orang-orang yang membutuhkan, mulai dari penggalangan dana bencana, pembangunan tempat ibadah, pengadaan beasiswa hingga penggalangan dana untuk orang sakit.

10. Aulion (Content Creator)

Fabfit

Foto : Fabfit

Tokoh kreatif yang satu merupakan seorang konten kreator Indonesia yang membagikan karya-karya melalui video di YouYube. YouTuber yang terkenal dengan video stop motion dan sederet karya unik lainnya ini telah berkarya membuat video sejak masih duduk di bangku SMP. Berkat kreatifitasnya itu hingga saat ini Aulion telah banyak memenangkan penghargaan untuk kategori konten kreator.

Baca Juga : Razer Project Hazel, Masker Pintar Berteknologi VoiceAmp

(dba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *