USA-BIDEN

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani serangkaian perintah eksekutif baru untuk memerangi perubahan iklim. Termasuk di dalamnya menghentikan sementara penyewaan lahan federal untuk kegiatan minyak dan gas (migas) baru serta menghapus subsidi bahan bakar fosil.

Perintah tersebut bertujuan untuk memetakan arah perubahan iklim dan agenda lingkungan presiden dari Partai Demokrat itu. Kebijakan Biden berbanding terbalik dengan pendahulunya dari Partai Republik Donald Trump, yang berusaha memaksimalkan produksi migas dan batu bara. 

Biden berharap kebijakannya dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru. “Kita sudah menunggu terlalu lama untuk menangani krisis iklim, ” katanya semalam waktu AS, dikutip dari Reuters, Kamis (28/1).

Ia mencatat ancaman yang akan dihadapi AS dari perubahan iklim adalah badai, kebakaran hutan, banjir, kekeringan, dan polusi udara. Karena itu, Biden menempatkan masalah perbuahan iklim di pusat keamanan nasional serta kebijakan luar negeri dan domestiknya.  

Langkah-langkah Biden mendapat dukungan mitra internasional dan pegiat lingkungan. Namun, …

Selengkapnya : Cegah Perubahan Iklim, Joe Biden Akan Hapus Subsidi Bahan Bakar Fosil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *