Slide PowerPoint ternyata bisa disembunyikan atau ditampilkan kembali sesuai kebutuhan kita. Slide yang dibuat hidden (tersembunyi) tersebut tetap menjadi bagian utuh dari file presentasi.

Baca Juga: Fitur Baru Windows 10, Bisa Gunakan Aplikasi Android

Slide tersebut juga bisa ditampilkan saat presentasi atau kembali disembunyikan. Dikutip dari How-To Geek, Selasa (2/2), berikut ini langkah-langkah untuk menyembunyikan atau menampilkan kembali slide tersebut.

1. Menyembunyikan dan Memunculkan Slide PowerPoint

Saat akan melakukan presentasi menggunakan slide PowerPoint, seringkali di detik-detik terakhir sebelum presentasi kita akan menemukan slide yang tidak ingin kita tampilkan karena bisa membuat keseluruhan PowerPoint akan terkesan tidak relevan. Nah, berikut ini cara untuk menyembunyikan slide yang tidak kita inginkan itu saat presentasi.

  1. Buka PowerPoint, pilih slide yang ingin disembunyikan dengan cara mengklik slide tersebut. Nantinya, akan muncul kotak yang mengelilingi slide yang telah dipilih.
  2. Selanjutnya, klik kanan pada slide. Pada menu konteks yang muncul, pilih “Hide Slide.”
  3. Slide tersebut akan tersembunyi (hidden) ketika ditampilkan dalam bentuk Presenter View. Slide yang telah disembunyikan itu terlihat sebagai thumbnail yang warnanya lebih terang dibandingkan slide lainnya.
  4. Jika slide tadi ingin dimunculkan kembali (unhide), cukup klik kanan pada slide tersebut dan  pilih kembali opsi “Hide Slide”.
  5. Nah, slide tersebut akan kembali muncul saat presentasi.

Baca Juga: Ingin Jadi Seorang Copywriter? Perhatikan Hal Berikut!

2. Memunculkan Slide Tersembunyi Saat Presentasi 

Jika kamu sudah menyembunyikan suatu slide, tetapi kamu berubah pikiran dan ingin kembali memunculkan slide tersebut saat presentasi, kamu bisa melakukannya tanpa harus keluar dari Presenter View. Nah, berikut caranya.

  1. Saat presentasi berlangsung, klik kanan di mana saja pada slide yang sedang ditampilkan. Pada menu yang muncul, klik “See All Slides.”
  2. Ketika opsi tersebut dipilih, seluruh slide yang ada (termasuk yang hidden) akan muncul dalam satu baris. Hidden slides (slide yang disembunyikan) memiliki warna abu pudar dan nomornya tercoret. 
  3. Klik thumbnail pada hidden slide untuk memunculkannya. 
  4. Ketika berpindah ke slide selanjutnya, jika ingin kembali memunculkan hidden slide yang lain, ulangi langkah-langkah di atas. 

Bagaimana? Mudah bukan caranya? Selamat mencoba!

(rf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *