Foto: KRW

Teknologi.id – Di era saat ini, smartphone merupakan satu hal yang sulit dipisahkan dari kehidupan. Berbagai kegiatan seperti bekerja, belajar, hingga bersosialisasi dapat dilakukan melalui smartphone. 

Ketergantungan akan gadget menjadi sebuah permasalahan di mana seseorang sulit untuk lepas dari layar smartphone-nya. Seseorang yang sudah mencapai tahap sulit lepas terhadap smartphone dapat digolongkan sebagai orang yang kecanduan gadget. Kecanduan gadget dapat membuat seseorang lupa akan waktu, tempat, hingga keadaan di sekitar.

Untuk dapat mengidentifikasi apakah seseorang sudah dalam tahap kecanduan akan gadget dapat terlihat dari kebiasaan sehari-hari orang tersebut. Istilah untuk kondisi ini dinamakan nomophobia atau no mobile phobia yang artinya ketakutan dalam melakukan aktivitas tanpa smartphone atau gadget di dalamnya.

Masalah kecanduan gadget tentunya harus segera disadari sebelum ke depannya semakin parah. Berdasarkan penelitian, kecanduan gadget dapat mengubah zat kimia pada otak yang akhirnya memengaruhi kondisi fisik, psikologis, dan perilaku seseorang. 

Nah, untuk mengetahui seseorang kecanduan gadget atau tidak, berikut ciri-ciri dari seseorang yang telah kecanduan gadget.

  • Tidak dapat mengendalikan keinginan untuk menggunakan gadget;
  • Kerap mementingkan gadget dibandingkan kehidupan sosial;
  • Gelisah ketika tidak memegang gadget;
  • Tidak memandang durasi ketika bermain gadget;Sering menggunakan gadget di waktu makan.

Jika ciri-ciri tersebut sudah terlihat, maka harus dilakukan segera tindakan guna mengurangi tingkat kecanduan akan gadget tersebut. Oleh karenanya, ini dia beberapa cara dalam mengatasi kecanduan gadget.

1. Membatasi Penggunaan Gadget Tiap Harinya

Foto: Unsplash

Aturlah batas penggunaan maksimal dalam bermain gadget tiap harinya. Misalnya, dalam sehari jatah untuk bermain gadget adalah 2-3 jam. Lalu, maksimalkan penggunaan gadget tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat seperti bekerja, membaca berita online, atau kegiatan bermanfaat lainnya.

2. Hapus Aplikasi yang Kurang Berguna

Foto: Unsplash

Orang yang kecanduan akan gadget biasanya sering membuka beberapa aplikasi tertentu yang membuat ia terus menatap layar smartphone-nya selama berjam-jam. Oleh karenanya, salah satu cara agar kecanduan tersebut dapat dikurangi adalah dengan cara menghapus beberapa aplikasi kurang bermanfaat yang sering kali dibuka ketika tengah kecanduan gadget. Beberapa aplikasi tersebut biasanya berupa aplikasi games atau media sosial.

Baca juga: Emoji-emoji Berikut Sering Disalahartikan

3. Tentukan Waktu Larangan Penggunaan Gadget

Foto: Unsplash

Hal ini juga merupakan sesuatu yang penting. Tentukanlah waktu-waktu tertentu di mana gadget menjadi alat yang dilarang untuk digunakan. Seperti ketika sedang makan, mengobrol, belajar, atau ketika sedang berada di kamar mandi.

3. Matikan Notifikasi yang Tidak Perlu

Munculnya pop-up notifikasi seringkali menjadi pemicu seseorang untuk memainkan gadgetnya. Oleh karenanya, matikan beberapa notifikasi yang tidak begitu penting seperti notifikasi media sosial, update game, dan beberapa notifikasi lainnya yang dirasa kurang penting. Hal tersebut akan mengurangi kemungkinan untuk melihat layar smartphone.

(MIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *