Renault Kiger diluncurkan di negara India baru-baru ini, kabarnya SUV kompak ini juga akan dirilis di Indonesia pada semester pertama tahun ini. 

“Kiger nantinya adalah sebuah pelengkap dalam rangkaian lini produk Renault di Indonesia,” kata Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia, dalam keterangan resminya dikutip dari Kompas hari Selasa 02 Februari 2021.

Kehadiran Renault Kiger membuat persaingan di segmen SUV kompak menjadi menarik. Sebelumnya KIA Sonet dan Nissan Magnite telah lebih dulu hadir di tanah air.

Baca juga: Viar Caraka, Sepeda Listrik Murah yang Cocok untuk Anak Muda

Menariknya, harga Kiger diprediksi bakal lebih murah dari Nissan Magnite yang saat ini dihargai mulai 5,49 lakh atau setara Rp112 jutaan.

Artinya, harga Kiger juga jadi yang paling murah di antara kompetitornya di India, seperti Hyundai Venue, Kia Sonet, Suzuki Vitara Brezza, Toyota Urban Cruiser, Ford Ecosport, hingga Tata Xenon dan Mahindra XUV300.

Eksterior Renault Kiger tidak berbeda jauh dengan Renault Kiger Concept yang diluncurkan tahun lalu. Seperti tetap memakai lampu utama horisontal dan menggunakan LED futuristis.

Baca juga: Fitur All New Honda CBR150R: Upside down dan Slipper Clutch

Termasuk juga kap mesin atau bonnet yang terlihat tinggi. Di bagian belakang Renault Kiger juga masih mirip dengan Renault Kiger Concept seperti bagian lampu belakang model C-Shape.

Renault Kiger juga menyerupai Nissan Magnite karena sama-sama dikembangkan dari platform aliansi Renault-Nissan yang disebut CMF-A+ (Common Module Family-A Segment). Maka desainnya hampir identik.

Dimensi Renault Kiger memiliki panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.600 mm. Sedangkan panjang wheelbase 2.500 mm dan ground clearance setinggi 205 mm.

Berbicara mengenai interiornya, dikutip dari Kumparan hari Selasa 02 Februari 2021,  desainnya cenderung simpel dan sederhana yang dibalut warna serba hitam.

Baca juga: Honda PCX 160, Punya USB Type-C dan Fitur seperti Goldwing

Kemudian head unit berukuran 8 inci yang ada sudah model floating dan panel instrumen sudah menggunakan digital.

Soal fiturnyanya sudah dilengkapi dengan sistem audio yang terkoneksi dengan Android Auto maupun Apple CarPlay, perintah suara, penjernih udara, wireless charging, lampu ambient, keyless dengan tombol starter, dan pengaturan AC otomatis.

Mengenai dapur pacu, Kiger menyediakan dua pilihan mesin yakni mesin 3-silinder 999 cc dengan tenaga maksimal 72 tk serta torsi maksimal 96 Nm dan pilihan mesin 3-silinder 999 cc plus turbo dengan tenaga maksimal 100 tk dan torsi maksimal 160 Nm.

Kedua mesin terdapat dengan dua pilihan transmisi yakni otomatis 5 percepatan dan manual 5 percepatan.

(fpk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *