ANTRE BELANJA KEBUTUHAN POKOK

Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menurun pada Januari 2021. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2021 sebesar 84, 9, lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada Desember 2020 sebesar 96, 5.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa penurunan keyakinan konsumen tersebut terutama disebabkan menurunnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan yang akan datang. “Perkembangan tersebut disebabkan oleh perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja, dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya, ” kata Erwin dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (8/2).

Penurunan kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang menurun dari 124, 3 pada Desember 2020 menjadi 106, 7. Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) masih berada pada level pesimis dan juga terpantau menurun dari 68, 6 pada Desember 2020 menjadi sebesar 63, 0.

Menurunnya IKK pada Januari …

Selengkapnya : Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Menurun Akibat PPKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *