BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi M.Si, berasama Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina S.I.P, Kapolres Situbondo AKBP. Ach. Imam Rifai, SH, S.I.K melepas truk bermuatan bantuan sosial pakan ternak silase batang sorghum untuk peternak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang terdampak erupsi Gunung Merapi, Rabu (10/2/2021).

“Pemerintah Dearah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo salurkan bantuan pakan ternak silase batang sorghum untuk peternak yang terdampak bencana alam erupsi Gunung Merapi, di Desa Tegal Mulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah di Jawa Tengah,” jelas Wakil Bupati Situbondo H. Yoyok Mulyadi.

Abu vulkanik erupsi Gunung Merapi tersebut, kata Wabup Yoyok, berdampak menutupi hamparan rerumputan, sehingga sulit bagi peternak untuk mendapatkan rumput hijau. Selain akan membuat nafsu makan binatang berkurang, akibat abu vulkanik tersebut juga dikhawatirkan saluran pencernakan hewan tersebut akan terganggu berujung pada kematian hewan ternak tersebut.

Bantuan pakan ternak ini, sambung Wabup Yoyok, sangat di butuhkan oleh masyarakat peternak yang terdampak abu vulkanik Gunung Merapi. “Masyarakat peternak yang terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Merapi itu kesulitan mendapatkan rumput hijau, karena hamparannya tertutup abu vulkanik. Makanya, komunitas sorghum Situbondo memberikan bantuan sosial berupa silase batang sorghum untuk pakan ternak,” jelasnya.

Pengiriman pakan ternak silase batang sorghum tersebut, imbuh Wabup Yoyok, sebanyak 10 ton untuk peternak di Desa Tegal Mulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Daerah ini hamparan rerumputannya terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Merapi.

Di Desa Tegal Mulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini ada sekitar 1500 ekor ternak yang kesulitan pakan hijau karena rumput-rumput di wilayah tersebut tertutup abu vulkanik erupsi Gunung Merapi. “Bantuan pakan ternak silase batang sorghum tersebut juga disalurakan dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim III dan Perkumpulan Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia Cabang Kabupaten Situbondo,” kata Wabup Yoyok.

Alhamdulillah, kata Wabup Yoyok, berkat kekompakan unit pengelola pakan di Situbondo dan komunitas petani sorghum situbondo dan di dukung oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim III dan Perkumpulan Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia, Kabupaten Situbondo bisa mengirimkan bantuan sosial silase batang sorghum untuk peternak di Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang terdampak erupsi Gunung Merapi.

 

The post Wabup Yoyok Lepas Truk Bermuatan Pakan Ternak Silase Batang Sorghum appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *