PERCEPAT PENYALURAN INSENTIF NAKES COVID-19

Penelitian yang dilaksanakan oleh Universitas Oxford menemukan bahwa terapi obat asma dapat mengurangi waktu rawat inap serta pemulihan pasien Covid-19. Obat tersebut efektif diberikan dalam tujuh hari setelah gejala muncul.

Penemuan itu berdasarkan penelitian tahap pertengahan dari obat asma, steroid budesonide, yang dijual dengan merek Pulmicort oleh AstraZeneca Plc. Penelitian berlangsung selama 28 hari terhadap 146 pasien.

Hasilnya menunjukkan budesonide yang digunakan dengan cara dihirup mampu mengurangi risiko perawatan mendesak atau rawat inap hingga 90%, jika dibandingkan dengan perawatan biasa. Data awal dari penelitian itu juga menunjukkan pasien yang diobati dengan budesonide memiliki gejala demam yang lebih cepat dan gejala lain yang lebih sedikit.

Namun,  hasil dari studi Universitas Oxford belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review. Meski begitu, ketua penelitian tersebut, Mona Bafadhel, mengatakan hasil studi itu bisa memberikan harapan pengurangan beban layanan kesehatan dalam masa pandemi.

“Obat yang relatif aman, tersedia secara luas, dan dipelajari dengan baik dapat berdampak pada tekanan (ke layanan kesehatan), ” kata Bafadhel seperti dikutip dari Reuters pada Selasa …

Selengkapnya : Studi Oxford: Obat Asma Bisa Percepat Pemulihan Pasien Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *