BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Menindak lanjuti laporan warga terkait jalan desa yang rusak akibat dilalui armada tambang di Desa Tambak Ukir, Komisi lll DPRD Situbondo Sidak lokasi, Selasa (16/2/2021).

Anggota Komisi lll DPRD Situbondo dari Dapil ll Fraksi PPP Arifin SH.MH saat berada di lokasi tambang mengatakan kepada beberapa awak media bahwa, sudah diadakan musyawarah di Kantor Desa Tambak Ukir yang dihadiri Komisi lll DPRD, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Kepala DLH, Kabid PUPR, Perijinan dan Dishub, menyimpulkan bahwa, untuk sementara waktu, aktifitas pertambangan PT. Surya Karya Semesta di tutup.

“Sementara tambang ini akan di tutup sampai jalan yang rusak selesai diperbaiki, kami akan merekomendasikan ke Kepala Desa, tambang di tutup sementara,” ucap Arifin.

Kemudian, lanjut Arifin, aktifitas di tambang ini tidak ada pembuangan limbah B3, sedangkan pembuangan limbah B3 itu harus ada jika tambang tersebut sudah beroperasi.

“Berarti, tambang ini tidak mengindahkan aturan yang ada di kabupaten, dan ini pun sudah salah satu pelanggaran tambang,” lanjutnya.

Pelanggaran tambang PT. Surya Karya Semesta yang lain, lanjut Arifin yaitu, menyangkut tonase yang diangkut. Karena berdasarkan jalan ini Kls lll.

“Pelanggaran tambang yang lain yaitu tonase, jalan desa ini Kls lll yang seharusnya berat angkut itu 5 ton, jadi 8 ton dengan armada dum truk nya. Kami melihat, berat angkut nya melebihi kuota sehingga kami berkesimpulan berat angkut yang lebih adalah salah satu dampak jalan desa rusak, jadi sementara tambang akan di tutup,” pungkasnya.

The post Warga Desa Tambak Ukir Tuntut Jalan Segera Diperbaiki, Aktifitas Tambang Ditutup appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *