Saat ini Robot hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dari robot yang terinspirasi kecoa hingga anjing robot Spot yang terkenal, mereka semua melakukan sejumlah tugas untuk berbagai perusahaan.

Dan CIA (Central Intelligence of America), badan intelijen Amerika Serikat tidak terkecuali. CIA menciptakan robot ikan lele beberapa tahun lalu.

Sejak diluncurkan, tak banyak yang bisa diketahui mengenai robot yang diberi nama Charlie ini. Pasalnya, CIA mengklasifikasikan operasi yang dilakukan robot Charlie sebagai rahasia.

Namun, baru-baru ini Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) merilis sebuah laporan agar kita bisa mengetahui tugas robot ini.

Baca juga: 5 Peralatan Perang Buatan Indonesia yang Jadi Rebutan Dunia

Dilansir dari IEEE, Rabu (3/3/2021), Charlie merupakan Kendaraan Bawah Laut Nirawak (Unmanned Underwater Vehicle/UUV) yang dirancang khusus untuk mengumpulkan sampel air secara diam-diam. Kendaraan ini digerakan dari jarak dekat oleh pilot menggunakan remot.

Meski demikian, CIA tidak menjelaskan lebih rinci terkait material yang dipakai serta komponen yang menyusun. Yang disampaikan hanyalah lambung robot berisi lambung bertekanan tinggi, sistem pemberat, serta sistem komunikasi.

Melalui video di atas terlihat betapa robot ikan lele Charlie tampak begitu realistis. Jika tidak diperhatikan dengan seksama, ikan ini mungkin akan dianggap sebagai ikan liar. Tak jauh berbeda dengan ikan sejenis yang mudah ditemukan pada laut, sungai, atau selokan.

Perbedaan utamanya adalah robot Charlie berukuran 24 inci (61 cm), sedangkan ikan asli dapat berukuran hingga 60 inci (1,5 meter) panjangnya, atau lebih.

Baca juga: 6 Rudal Penghancur Milik Indonesia yang Disegani Dunia

Sementara itu, belum diketahui secara pasti apakah CIA sudah menghentikan operasi robot ini atau masih melanjutkannya. Namun, jika melihat bagaimana CIA membagikan video mengenai robot Charlie serta beberapa informasi terkait, bisa jadi Charlie sudah dipensiunkan dan menghuni ruang museum.

Nah, kalau begitu sekarang mulai hati-hati saat mancing ya! Siapa tau, yang menyangkut di kailmu adalah salah satu robot ikan mata-mata milik Amerika Serikat.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *