BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Pengembangan konservasi pesisir terpadu, gotong royong restorasi terumbu karang dari bahan daur ulang yang dilakukan oleh Sekolah penyelaman TNI Al bersama Dinas Lingkungan Hidup, Kelompok Nelayan Pasir Putih, Karang Taruna Pasir Putih dan pihak terkait lainnya bertempat di Balai Konservasi perairan Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Rabu(3/3/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi MM, Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, SPd, MM, Forkopimda Kabupaten Situbondo dan kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Situbondo serta tamu undangan lainnya.

Sambutan yang disampaikan Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi menjelaskan bahwa, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo akan terus melaksanakan restorasi terumbu karang di kawasan Pantai Pasir Putih agar bisa berkembang dan pasirnya kembali putih.

“Kedepan kita akan fokus dengan restorasi terumbu karang di pantai Pasir Putih ini, agar wisata Pantai Pasir Putih Situbondo ini semakin menarik pengunjung wisata Pantai Pasir Putih,” jelas Bupati Karna.

Setelah satu tahun dari sekarang, sambung Bupati Karna pihaknya akan mengecek restorasi terumbu karang ini. Jika berhasil, maka restorasi akan dikembangkan ke daerah pantai kawasan merak yang sekarang terumbu karangnya sudah rusak.

“Jika restorasi terumbu karang ini berhasil, maka akan kita kembangkan di kawasan merak,” tegasnya.

Sementara itu. Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut Laksamana Pertamana TNI, Eko Wahyono SE, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa, restorasi terumbung karang yang dilakukan oleh siswa praktek lapangan sekolah Penyelaman TNI AL ini agar siswa bisa bersinergi dengan masyarakat nelayan dan bisa berkoordinasi dengan pihak Pemda untuk bersama – sama memperbaiki trumbu karang yang rusak.

“Kami hadir ke daerah ini dalam rangka melakukan pengecekan siswa Sekolah Penyelaman TNI Al yang sedang melaksanakan praktek. Untuk sekolah selam TNI AL latihan di wilayah Kabupaten Situbondo sejat tahun 1974 hingga sekarang.” jelas Eko Wahyono.

Lebih lanjut, Laksamana Pertamana Eko Wahyono menjelaskan bahwa, sekolah selam TNI Al di Pantai Pasir Putih bukan hanya sekedar latihan. Akan tetapi, pihaknya akan terus bersinergi untuk mengajari masyarakat Pasir Putih menjadi penyelam-penyelam yang handal.

“Alhamdulillah, kita sudah bisa bersinergi dengan masyarakat Pantai Pasir Putih dalam rangka konservasi menumbuhkan terumbu karang di pantai Pasir Putih ini. Dan ini kesempatan kami untuk mengabdi kepada masyarakat dan mari kita bersama-sama menumbuhkan kembali terumbu karang di Pantai Pasir Putih ini,” pungkasnya.

The post Pemkab Situbondo Akan Terus Melaksanakan Restorasi Terumbu Karang Pasir Putih appeared first on Berita Nasional Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *