Baru-baru ini akun milik pecatur asal Indonesia di platform permainan catur online paling populer, Chess.com, mendadak viral dan ramai diperbincangkan di media sosial.

Hal ini karena, akun yang bernama Dewa_Kipas tersebut berhasil mengalahkan gamer catur dunia Levy Rozman atau yang lebih dikenal sebagai “GothamChess”.

Pertandingan keduanya pun ramai dibicarakan di Sub-forum Reddit yang membahas seputar dunia percaturan. Namun, hal yang bikin viral adalah mengenai akun Dewa_Kipas milik pecatur Indonesia bernama Dadang Subur yang diblokir setelah mengalahkan gamer GothamChess.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Posisi Seseorang Menggunakan Nomor HP

Kejadian tersebut diketahui dari unggahan pengguna Facebook bernama Ali Akbar. Ali merupakan anak dari pemilik akun Dewa_Kipas alias Dadang Subur yang mengalahkan GothamChess. 

Dalam unggahan tersebut, Ali mengklaim bahwa akun milik bapaknya diblokir karena dilaporkan oleh fans dari GothamChess yang tidak terima gamer tersebut dikalahkan oleh Dewa_Kipas.

Kronologi Diblokirnya Akun Pecatur Asal Indonesia oleh Fans GothamChess

Pertandingan tersebut disiarkan secara langsung melalui akun Twitch mihamChess dan ditonton oleh ribuan orang. Jika kamu penasaran ingin melihat jalannya pertandingan tersebut, bisa kunjungi link berikut ini. Untuk video bukti, kamu juga bisa melihatnya di sini.

Sebagai informasi, GothamChess adalah gamer catur yang kerap melakukan siaran langsung di Twitch dan YouTube. GothamChess memiliki 346.000 followers di Twitch. Sementara di YouTube ia memiliki sekitar 698.000 Subscriber.

GothamChess juga merupakan pemain Chess.com dengan titel “International Master” yang memiliki ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) 2.400 dan memiliki 19.000 followers.

Sementara itu, akun Dewa_Kipas memiliki ELO sekitar 2.300, namun, hanya memiliki 8 followers dan belum memiliki titel.

Klarifikasi Ali Akbar

Klarifikasi anak Dadang, Ali Akbar, yang tersebar di dunia maya. Foto: Reddit

Dalam unggahan di Facebook Ali mengungkapkan jika dirinya tidak terima akun bapaknya diblokir karena kemenangan yang dinilai “tidak pantas” dan dituduh melakukan kecurangan.

Sebab, hal tersebut merupakan penindasan akun Chess.com besar yang memiliki basis penggemar banyak terhadap akun kecil. 

Ali pun menceritakan jika bapaknya merupakan mantan pecatur profesional. Bapaknya mulai bermain catur di platform Chess.com atas saran Ali.

Baca juga: NASA Siapkan 7 M Bagi yang Temukan Cara Beri Makan Astronot

Setelah mencoba bermain beberapa game jadi ketagihan dan langsung semangat bermain Ranked Match, sampai-sampai bisa bertemu dengan sejumlah pemain profesional, yang salah satunya adalah GothamChess.

Respon GothamChess 

GothamChess diketahui merespon keluhan Ali yang diunggah di media sosial. Melalui akun Twitternya @GothamChess, ia mengatakan telah menghubungi Ali dan akan melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

“Saya sudah berbicara dengan Ali Akbar, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas. Kami sepakat untuk mencari solusi yang positif. Kami akan melakukan pembicaraan lebih lanjut,” tulis @GothamChess. 

https://twitter.com/GothamChess/status/1367193266245017602

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *