Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merilis foto close-up Hajar Aswad dengan resolusi tinggi untuk pertama kalinya pada Senin (3/5/2021).

Teknik pemotretan oleh organisasi pemerintah Arab Saudi ini dikabarkan menggunakan teknik fokus panorama bertumpuk.

Dalam teknik tersebut, foto dengan berbagai jenis kejernihan digabungkan hingga menghasilkan foto dengan tingkat akurasi tinggi.

Untuk mendapatkan foto beresolusi 49.000 megapixel, butuh waktu 7 jam dengan 1.050 gambar Fox Stack Panorama. Sementara untuk proses editing foto membutuhkan waktu sekitar 50 jam.

https://twitter.com/ReasahAlharmain/status/1389021060960591880

Sebagai informasi, Hajar Aswad merupakan 8 batu suci yang terletak di sudut timur Ka’bah dan dilindungi oleh bingkai perak.

Berdasarkan sejarah, Hajar Aswad dipercaya merupakan batu dari surga yang berikan oleh malaikat Jibril dan ditempatkan di Ka’bah oleh Nabi Ibrahim.

Batu bersejarah itu berwarna kemerah-merahan dengan diameter 30 sentimeter dan dikelilingi bingkai perak murni untuk mengawetkannya.

Bagi jemaah yang melakukan umrah, disunnahkan untuk menyentuhkan tangannya ke Hajar Aswad dan menciumnya.

Untuk diketahui, selama Ramadhan 2021, Arab Saudi mengizinkan ibadah umrah dan shalat di Masjidil Haram dengan syarat sudah divaksin.

Baca juga: Cara Jual Foto di Shutterstock, Modal Kamera HP Jadi Cuan!

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan mengizinkan 50.000 jemaah umrah selama Ramadhan tahun ini.

Sementara, 100.000 jemaah di luar umrah akan diizinkan untuk shalat di Masjidil Haram, Mekkah.

Artinya, Masjidil Haram hanya mengizinkan 150.000 jemaah setiap harinya selama Ramadhan tahun ini.

Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan peringatan bahwa denda 10.000 riyal atau sekitar Rp 39 juta akan diberikan kepada jamaah yang ingin melakukan Umrah tanpa izin.

Bagi jemaah yang mencoba memasuki masjid tanpa izin, denda sebesar 1.000 riyal atau sekitar Rp 3,9 juta telah menanti mereka.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *